Musiad Expo 2020 Turki Kembali Undang Pengusaha dan UMKM Indonesia Ikut Pameran Dagang

Ekonomi  MINGGU, 27 SEPTEMBER 2020 | 19:16 WIB | Sunarya Sultan

Musiad Expo 2020 Turki Kembali Undang Pengusaha dan UMKM Indonesia Ikut Pameran Dagang

Pengusaha Indonesia di Musiad Expo 2018. | Foto: Ist.

MoeslimChoice | Asosiasi Pengusaha dan Industrialis Independen Turki MUSIAD (Müstakil Sanayici ve Isadamlan Dernegi) kembali menggelar MUSIAD Expo. Event internasional yang akan berlangsung selama 4 hari (18-21 November 2020) ini juga kembali mengundang pengusaha Indonesia termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berorientasi ekspor untuk mengikuti pameran dagang tersebut.

Kegiatan yang biasanya dihadiri oleh pelaku bisnis dari 125 negara ini akan diisi dengan acara pameran dagang,forum bisnis antarperusahaan (B2B), konferensi bisnis (business gathering), dan gelar budaya bangsa, dan konferensi bisnis.

Menurut Koordinator Ellisa Create, lembaga yang menjembatani pengusaha Indonesia berpartisipasi dalam Musiad Expo 2020, Ellis Sukma, kegiatan pameran sendiri memang berlangsung dari tanggal 18-21 November. Namun para peserta dari Indonesia akan diberangkatkan pada tanggal 14 November dan kembali ke tanah air 24 November 2020.

"Pameran dagang internasional ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk penetrasi pasar Turki dan sekitarnya. Selain mengikuti pameren, para peserta dari Indonesia kami buatkan agenda lainnya sehingga keberadaan mereka di Turki tidak hanya sekedar mengikuti pameran,"  kata Ellis Sukma, Minggu, 27/9/20. 

Ada pun agenda yang telah disusun panitia untuk peserta dari Indonesia selama 10 hari berada di Turki adalah: 

  1. 14 November: Keberangkatan dari Jakarta menuju Istanbul. 
  2. 15 November: Ketibaan Delegasi Wirausaha Ke Istanbul Turki, Kunjungan ke KJRI Instanbul, Turki (Landing langsung persiapan kunjungan KJRI check In Hotel). 
  3. 16 November: Perjalanan pergi ke Bursa Tour Bursa PP.
  4. 17 November: Kunjungan ke MUSIAD Pusat persiapan Expo (Pagi kunjungan forum Expo).1
  5. 8-21 November: MUSIAD EXPO 2020, Expo, B2B, Forum Bisnis. Festival Budaya (In Program Four Day Exbhition) Jadwal Menyesuaikan.
  6. 22 November: Kunjungan bisnis, B2B, Meeting (Noted bagi yang akan gabung di kenakan biaya tambahan sebesar Rp.3.000.000) Bagi yang tidak ikut acara bebas untuk tour Istanbul.
  7. 23 November: Istanbul tour dan persiapan kepulangan delegasi pengusaha Indonesia ke Tanah Air (Akan ada tour Istanbul City).
  8. 24 November:  Pulang dan tiba di Indonesia.

Lebih lanjut Elis menungkapkan bahwa Musiad Expo Trade  Fair 2020 ini akan berlangsung di Tuyap Fair, Convention and Congress Center, Istanbul.

Acara dua tahunan ini yang pada 2020 berlangsung ke-18 kalinya , kata dia, biasanya dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, ungkapnya Ellis, sejumlah pengusaha Indonesia sudah berpatisipasi dalam pameran yang diikuti ribuan pengusaha asing dan dalam negeri Turki sendiri.

Untuk pengusaha Indonesia yang berminat, tinggal hitung biayanya saja. "Relatif terjangkau, sekitar Rp33 juta saja. Biaya Sudah termasuk stand pameran 3 x 3 meter persegi dan tiket pergi pulang Jakarta-Istanbul dengan visa Turki, akomodasi hotel bintang 4/5, transportasi lokal plus makan dan minum, tiket masuk Musiai Expo, B2B Meeting, Kunjungan Bisnis, Tiket Wisata, Guide, Buku Delegasi Elektronik, Sticker Bagasi, dan Sertifikat," papar Ellis.

Pada Musiad Expo ke-17 pada 2018 lalu, sejumlah perusahaan dan UMKM nasional berpartisipasi di pameran dagang itu. Antara lain mempromosikan lada putih berau, kopi gayo aceh, gula aren, gula merah, kerajinan tangan dan pertemuan bisnis one on one dengan pengusaha Turki.  

Sedangkan perusahaan yang berpartisipasi antara lain PT Biru Marmara Group (BMG/General Trading-Edukasi), PT Nusantara Indah Tunggal (property/perdagangan umum), PT Samara Insan Sentosa (property, kontraktor, pengemban kawasan industri), PT Bijin Kuminta Mutiara (Pam Oil, Plantation, Trading), PT Chateda (mainan anak), PT Haula Sejahtera (mainan Pendidikan dan edukasi anak-anak).

Bagaimana dengan tahun ini? Kita lihat November nanti. Klik Link ini untuk pendaftaran: https://bit.ly/306R9lR. [ynr]


Komentar Pembaca