Masa PSBB, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan Agar Kendaran Tetap Prima Saat Lama Berada di Garasi

Ekonomi  SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 | 13:00 WIB | Zulfa Fahmi

Masa PSBB, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan Agar Kendaran Tetap Prima Saat Lama Berada di Garasi

Foto ilustrasi/net

KEMBALI diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kendaraan akan banyak terparkir di rumah. Meski bisa menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM), namun kondisi kendaraan diam di garasi dalam waktu yang lama juga tidak bagus dan bisa menimbulkan masalah.

Khusus untuk mobil, perawatan tidak hanya dari sisi mesin saja, melainkan juga sisi interior atau ruang dalam mobil harus tetap dijaga agar bersih dan terbebas dari kotoran atau virus yang berbahaya.

Nah, jika ingin agar mobil Anda tetap prima dan nyaman ketika digunakan di saat pandemi korona seperti sekarang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel, seperti yang di ungkapkan oleh Dony Sinanda Putra, Head of Underwriting & Product Development, Allianz Utama Indonesia:

1. Rutin Panaskan Mesin Mobil.

Panaskan mesin mobil Anda minimal setiap tiga hari sekali, selama 10-15 menit dengan RPM minimal 1500 saat dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masalah pada aki atau baterai. Jika mesin tidak dinyalakan secara rutin, bisa dipastikan kemampuannya akan melemah, mengingat tidak adanya siklus pengisian ulang daya dari alternator yang terjadi seperti saat mesin hidup atau berjalan.

2. Periksa Oli Mesin.

Masalah berikutnya jika mobil terlalu lama parkir adalah pada pelumas mesin. Jika mesin mobil tidak rutin dinyalakan, maka ada kemungkinan oli mesin akan mengendap di bagian bawah mesin dan mengurangi fungsi pelumasan pada mesin. Ada baiknya, sebelum menggunakan mobil Anda mengganti oli terlebih dahulu jika mobil sudah terlalu lama diam dan mesin tidak dinyalakan secara rutin.

3. Isi bahan Bakar hingga Penuh.

Ketika berniat untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama, pastikan jika kondisi tangki bahan bakar dalam keadaan penuh. Tujuannya adalah agar tidak ada sisa ruang udara di tangki kendaraan yang dapat mengakibatkan embun/kondensasi yang nantinya berakibat pada penurunan kualitas bahan bakar.

4. Cek Tekanan Angin pada Ban.

Berikutnya adalah masalah pada ban jika mobil cenderung diam dalam waktu yang lama. Tekanan angin karet bundar bakal berkurang dan menyebabkannya rata sebelah atau flat spot.

Jika sudah begini maka kerusakan di kaki-kaki bisa juga menjalar ke bearing roda, karena beban hanya bertumpu pada satu titik. Jika ingin memarkirkan dalam waktu panjang, sebaiknya isi dengan tekanan angin maksimal.

Lakukan juga pengecekan setiap seminggu sekali atau mendongkrak mobil supaya ban tidak langsung menyentuh lantai. Ini bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kempis atau ban rata sebelah tadi. Atau cara lainnya adalah dengan menggerakkan kendaraan maju/mundur setiap seminggu sekali supaya tekanan pada tapak ban merata.

5. Cek Kondisi Asap Knalpot.

Kondisi mesin juga dapat dilihat dari pembuangannya yaitu pada asap knalpot. Seharusnya asap knalpot yang sehat adalah tidak berwarna. Apabila berwarna putih tipis menandakan bahwa proses pembakaran dan aliran pembuangan masih cukup bersih. Tetapi apabila sudah pekat ataupun berwarna lain, cobalah untuk melakukan servis di bengkel resmi terdekat.

6. Parkir di Tempat Datar.

Cara merawat mobil yang jarang dipakai selanjutnya adalah dengan memarkirkannya pada tempat yang datar, dan jangan aktifkan rem parkir yang nantinya dapat mengakibatkan lengketnya kampas rem dengan piringan rem jika dalam kurun waktu yang lama. Jika kondisi parkiran kurang datar, Anda bisa mengakalinya dengan mengganjal ban mobil.

7. Cek Kebersihan Ruang Mesin Secara Rutin.

Selama mobil tidak digunakan, salah satu yang menjadi kekhawatiran lainnya adalah kemungkinan bersarangnya tikus di dalam ruang mesin. Bila sampai hal ini terjadi maka bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit karena tikus terkenal suka menggigiti apa saja. Bayangkan bila kabel–kabel di ruang mesin mobil anda ada yang putus digigit tikus, selain biaya perbaikannya juga tidaklah murah akan lebih parah lagi bilamana putusnya kabel tersebut menyebabkan korsleting yang bisa menimbulkan percikan api.

Selain perawatan mesin, hal lain yang harus Anda perhatikan ketika masa PSBB seperti saat ini adalah bagian interior. Dalam menjaga kebersihan kabin mobil, terutama untuk meminimalisasi terkontaminasinya kabin akan kuman dan virus sebenarnya tidaklah sulit. Hanya diperlukan kedisiplinan baik menjaga kebiasaan dalam berkendara maupun dalam pengelolaan barang dalam kabin.

Di antaranya sangat disarankan untuk tidak terlalu sering membuka jendela mobil jika memang tidak dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar debu, virus, bakteri, dan partikel kecil lainnya tidak mudah masuk ke dalam interior mobil. Bila diparkir dalam waktu lama, sebaiknya buka sedikit saja kaca mobil supaya interiornya tidak jamuran.

Di samping itu, Anda perlu selalu menjaga kebersihan interior mobil dengan menyiapkan tempat sampah tertutup di dalam mobil. Jika mobil sering digunakan, maka kita perlu membersihkan secara rutin interior kendaraan baik dilakukan sendiri ataupun di salon-salon mobil yang memiliki reputasi baik.

Di dalam kabin usahakan untuk tidak menyimpan terlalu lama benda-benda yang mudah menjadi sarang virus, bakteri, dan kuman seperti bantal, sampah tisu, sepatu, serta lainnya. Keluarkan terlebih dahulu bantal dan barang-barang yang biasa Anda bawa sehingga kabin kosong.

Jadi, walaupun mobil Andaakan jarang dipakai ketika masa PSBB berlaku kembali bukan berarti perawatannya berkurang. Justru Anda harus lebih rutin lagi melakukan pengecekan agar kendaraan tetap awet dan selalu dalam kondisi siap pakai.

Selain memastikan kondisi kendaraan tetap prima, Anda juga perlu mempertimbangkan perlindungan untuk kendaraan kesayangan. Nah, agar uang yang Anda keluarkan tepat guna, Anda perlu mempelajari lebih jelas cara memilih asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menghindari penyesalan ketika membeli produk asuransi kendaraan, Dony juga menambahkanbeberapa hal penting untuk mendapatkan asuransi mobil yang tepat, yang mencakup hal-hal berikut :

1. Pilih Sesuai Kebutuhan.

Pemilik kendaraan harus mengetahui bahwa ada dua jenis asuransi, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk merupakan perlindungan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan sebagian, maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan asuransi TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan secara langsung. Untuk TLO usia kendaraan sendiri dibatasi hingga maksimum 15 tahun.

2. Memilih Perusahaan Tepercaya.

Saat ini jumlah perusahaan asuransi cukup banyak. Namun, pastikan Anda memilih asuransi yang sudah diakui lembaga resmi dalam mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Mengetahui Kejelasan Polis dengan Baik.

Pengguna asuransi cenderung tak membaca polis dengan benar. Padahal dalam polis terdapat penjelasan terperinci mengenai apa saja yang dapat diklaim atau tidak, hingga menjadi perluasan.

Selain penjelasan di dalam polis, pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. Jangan sampai saat pengajuan klaim justru ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak dapat diklaim.

4. Jaringan Bengkel yang Luas.

Salah satu pertimbangan memilih asuransi kendaraan adalah memiliki jaringan bengkel luas dan berkualitas. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan pelanggan dalam menjangkau bengkel mobil terbaik ketika melakukan reparasi.
Selain itu, ada baiknya bengkel rekanan tersebut sudah memiliki standardisasi pabrik dan bersertifikat sehingga hasil dan kualitas dapat dipertanggungjawabkan.

5. Proses Klaim Mudah.

Saat memilih produk asuransi, pastikan sudah dilengkapi dengan kemudahan sistem yang sudah terintegrasi dengan teknologi. Dengan begitu, pelanggan dapat melakukan klaim via aplikasi dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan mobil, isi data pribadi, dan memilih waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel.

Untuk memilih asuransi kendaraan, pastikan memilih layanan melindungi kendaraanmu dari kerusuhan, perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, serta opsi penyelesaian secara tunai (cash settlement) terhadap beberapa perbaikan kendaraan.

Tak hanya itu, pastikan asuransi kendaraan yang Anda pilih memberikan solusi perlindungan kendaraan yang paling lengkap dan tidak ribet, ekonomis dan sesuai kebutuhan, dan memberikan perluasan perlindungan kendaraan sesuai pilihan dan keinginan Anda.Allianz Utama Indonesia sebagai penyedia asuransi umum komprehensif yang mencakup asuransi kendaraan, menyediakan asuransi kendaraan MobilKuyang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi kendaraan MobilKu menyediakan berbagai pilihan perlindungan seperti, pencurian kendaraan oleh supir pribadi, perlindungan banjir hingga water hammer, jaringan bengkel yang luas, layanan Allianz Care 24/7, hingga bantuan darurat 24 jam (Allianz RodA).Layanan Allianz RodA (Roadside Assistance)merupakan layanan yang diberikan untuk mengatasi gangguan pada kendaraan bermotor dengan tingkat kesulitan yang rumit.Layanan ini berlaku untuk kondisi darurat atau apabila kendaraan mogok dan tidak dapat diperbaiki di lokasi.[fah]


Komentar Pembaca