Sertifikasi Wakaf Masjid Kauman Semarang Tuntas 1/2 Hektare Saja

Daerah  JUMAT, 25 SEPTEMBER 2020 | 10:10 WIB

Sertifikasi Wakaf Masjid Kauman Semarang Tuntas 1/2 Hektare Saja

MoeslimChoice | Proses sertifikasi lahan wakaf Masjid Besar Kauman Semarang yang kini menjadi Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah, seluas 5.054 meter persegi tuntas sudah. Namun, pengurus masjid masih berharap penyelesaian sertifikasi lahan di sekitar masjid yang totalnya 100 hektare lebih agar statusnya jelas.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang, Ir Sigit Rachmawan Adhi ST MM, menyerahkan sertifikat wakaf itu kepada Drs H Ali Mufiz MPA, mewakili pengurus masjid di Semarang, Kamis, 24/9/20 bada zuhur berjamaah. Penyerahan sertifikat ini juga terkait dengan peringatan 60 tahun Badan Pertanahan Nasional.

”Terima kasih, ini kado Hari Ulang Tahun ke-60 BPN,” kata Drs H Ali Mufiz MPA mewakili pengurus MAS. Selanjutnya Gubernur Jateng 2007-2008 itu mengharapkan, bantuan Kepala BPN ini untuk memperjelas status tanah masjid dan mushala di Kota Semarang.

”Masjid Agung Semarang ini mempunyai tanah 119 hektar lebih. Beberapa ada yang ditempati warga masyarakat. Semoga BPN bisa membantu menelusuri ini,”  ungkapnya.

Sedangkan Kepala BPN Semarang Sigit mengemukakan sertifikat tanah wakaf berupa catatan bangunan utama MAS seluas 5.054 meter persegi. Berarti hanya seluas setengah hektare.

Mengenai kejelasan status tanah masjid dan mushala di Kota Semarang, Sigit Rachmawan berharap pada 2021, bisa terselesaikan dengan baik.

Sedangkan Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, KH Hanief Ismil Lc menyampaikan apresiasinya kepada Kepala BPN, yang memberikan perhatian kepada masjid yang usianya lebih tua dari Kota Semarang itu.

”Masjid ini pernah mengalami kebakaran hebat, sehingga hampir semua dokumen termasuk surat-surat berharga tidak tersisa,” ungkap KH Hanief. (nry)


Komentar Pembaca