Ledakan Hantam Gedung Hizbullah di Lebanon Selatan

Internasional  SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 | 23:15 WIB

Ledakan Hantam Gedung Hizbullah di Lebanon Selatan

foto/net

Moeslimchoice. Ledakan besar terdengar terjadi di Lebanon Selatan di desa Ain Qana, menurut penyiar dan saksi di Lebanon.

Ledakan itu terjadi di gudang senjata Hizbullah di desa Ain Qana, kata seorang pejabat keamanan Lebanon di Lebanon Selatan, tanpa menjelaskan penyebabnya. 

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim sesuai dengan peraturan.

Seorang pejabat kelompok militan Hizbullah mengkonfirmasi, ada ledakan tetapi menolak memberikan rincian lebih lanjut, menurut Associated Press, seperti dikutip dari ArabNews.

Pejabat Hizbullah setempat lainnya tidak dapat memastikan adanya korban dan mengatakan, bahwa sifat ledakan itu belum jelas. Keduanya berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang memberikan pernyataan resmi.

Anggota kelompok tersebut memberlakukan penjagaan keamanan di sekitar daerah tersebut. Sumber keamanan sebelumnya mengatakan ada korban luka dalam ledakan itu.

Gambar dari media berita Lebanon menunjukkan awan asap hitam membubung tinggi dari daerah tersebut. Penyebab ledakan sekitar 50 km (30 mil) selatan Beirut belum diketahui dengan jelas.

Ledakan misterius itu terjadi tujuh minggu setelah ledakan besar di pelabuhan Beirut, yang disebabkan oleh hampir 3.000 ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak benar di sebuah gudang. Ledakan tersebut menewaskan hampir 200 orang, melukai 6.500 orang dan merusak puluhan ribu bangunan di ibu kota Beirut.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan kebakaran awal yang menyulut bahan kimia tersebut, dan sejauh ini belum ada yang dimintai pertanggungjawaban. [mt]


Komentar Pembaca