Ancaman Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Lakukan Program Grebeg Lumpur di Waduk Ria Rio

Berita  SENIN, 21 SEPTEMBER 2020 | 16:10 WIB | Deman

Ancaman Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Lakukan Program Grebeg Lumpur di Waduk Ria Rio

foto/net

Moeslimchoice. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta secara masif telah melakukan program Grebeg Lumpur fase pertama di lima waduk wilayah DKI Jakarta. Langkah tersebut dilakukan sebagai persiapan pencegahan ancaman banjir saat memasuki musim hujan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, pengerukan tersebut bagian dari program grebek lumpur yang dilakukan oleh pihaknya. Grebeg Lumpur difokuskan pada pengerukan waduk, sungai, saluran-saluran untuk memperbesar daya tampung agar bisa menampung debit air yang bertambah di kala musim penghujan datang.

Kali ini, kegiatan tersebut dilakukan di Waduk Ria Rio, Jalan Pulo Mas Utara, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan  Pulogadung, Jakarta Timur.

Pengerukannya dimulai pada awal Maret lalu dengan mengerahkan lima alat berat. Namun, untuk mempercepat proses pengerukan, mulai hari ini, Senin (21/9) pihaknya mengerahkan 15 alat berat. 

Pengerukan juga melibatkan petugas Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Timur dan Dinas SDA dengan mengedepankan protokol kesehatan selama menunaikan tugas selama pandemi.

"Hal ini kami lakukan agar waduk bisa menampung debit air yang lebih banyak dan sebagai upaya pencegahan banjir," ujar Juani, Senin (21/9).

Dijelaskan Juani, saat ini waduk mengalami pendangkalan akibat sedimentasi satu hingga dua meter.

"Selanjutnya, waduk seluas 8,65 hektar ini akan dikeruk sedalam enam meter dan ditargetkan rampung pada Desember," jelasnya.

Pernyataan Kadis SDA tersebut dibenarkan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faisal. 

Dia menambahkan, bahwa pengerukan serupa juga dilakukan oleh pihaknya di waduk yang ada di lima wilayah kota lainnya.

"Termasuk juga kali besar, saluran penghubung, saluran mikro dan makro turut dilakukan pengerukan," tandasnya. [mt] 


Komentar Pembaca