India Tangkap 9 Militan Al-Qaeda yang Rencanakan Serangan Teroris

Internasional  MINGGU, 20 SEPTEMBER 2020 | 04:00 WIB

India Tangkap 9 Militan Al-Qaeda yang Rencanakan Serangan Teroris

foto/net

Moeslimchoice. Investigasi Nasional (NIA) India, mengatakan pada Sabtu (19/9), bahwa pihaknya telah menangkap sembilan militan Al-Qaeda yang merencanakan serangan di beberapa lokasi termasuk ibu kota New Delhi.

"Kelompok itu berencana untuk melakukan serangan teroris di instalasi penting di India dengan tujuan untuk membunuh orang yang tidak bersalah dan menyerang teror di benak mereka," kata badan anti-terorisme utama negara itu dalam sebuah pernyataan.

Mereka yang ditangkap 'termotivasi untuk melakukan serangan di berbagai tempat', termasuk di wilayah ibu kota, New Delhi.

Enam dari militan ditangkap di negara bagian timur Benggala Barat, sementara tiga lainnya ditangkap di negara bagian selatan Kerala, kata NIA.

NIA juga menambahkan, bahwa orang-orang tersebut 'terkait dengan modul Al-Qaeda yang disponsori Pakistan.'

Seorang juru bicara kantor luar negeri Pakistan, tidak segera menanggapi apa yang dituduhkan India. Pakistan sering membantah memberikan dukungan material kepada militan.

India telah meningkatkan serangan terhadap militan di wilayah mayoritas Muslim di Kashmir dan di tempat lain.

Tahun lalu, pasukan India membunuh pemimpin kelompok militan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Kashmir, hingga memicu protes di beberapa bagian wilayah yang disengketakan tersebut.

Dalam penggerebekan terakhir, NIA menyita senjata tajam, senjata api buatan dalam negeri, dan pelindung tubuh buatan lokal. Sembilan militan akan dibawa ke pengadilan untuk ditahan polisi dan diselidiki lebih lanjut, kata badan itu. [mt/AN]


Komentar Pembaca