Pihak Keamanan Lebanon Tangkap 3 Pria Mesir Pelaku Pemerkosaan di Kairo

Internasional  MINGGU, 30 AGUSTUS 2020 | 22:00 WIB

Pihak Keamanan Lebanon Tangkap 3 Pria Mesir Pelaku Pemerkosaan di Kairo

foto/net

Moeslimchoice.  Pasukan keamanan Lebanon telah menangkap tiga pria Mesir yang dicari di negara asal mereka atas tuduhan terlibat dalam dugaan pemerkosaan berkelompok enam tahun lalu.

Penangkapan itu, dilaporkan pada Sabtu (29/8) malam, menyusul pemberitahuan Interpol untuk para tersangka atas permintaan pemerintah Mesir.

Seorang pejabat keamanan Lebanon, yang berbicara tanpa menyebut nama sesuai dengan peraturan, mengatakan Minggu (30/8) bahwa "prosedur hukum dan administrasi" sedang dilakukan untuk mendeportasi ketiga pria itu, yang berusia awal 30-an.

Kasus tersebut diungkap oleh akun media sosial, menyusul pelecehan seksual di Mesir. Tuduhan pemerkosaan geng terjadi di sebuah hotel bintang lima di Kairo pada tahun 2014, tetapi berita tentang penyerangan itu baru muncul pada bulan Juli ketika akun Instagram, Polisi Penyerangan, melaporkan tuduhan tersebut sebagai bagian dari kampanye #MeToo yang gencar melanda Mesir musim panas ini.

Pekan lalu, jaksa penuntut Mesir menetapkan sembilan pria sebagai tersangka, tujuh orang telah meninggalkan Mesir setelah tuduhan pemerkosaan menjadi viral pada Juli.

Lima dari tersangka berada di Lebanon, menurut pernyataan dari Pasukan Keamanan Dalam Negeri Lebanon. Bertindak atas permintaan dari Mesir, tiga orang ditangkap Jumat malam di desa Fatqa, utara Beirut, sementara dua lainnya tampaknya telah kabur meninggalkan Lebanon.

Dua tersangka lainnya ditangkap di Mesir, termasuk satu orang pekan lalu ketika dia berusaha melarikan diri dari negara itu. Keberadaan tersangka lainnya masih belum diketahui.

Kampanye #MeToo Mesir juga menyebabkan penangkapan terhadap mantan mahasiswa di universitas paling elit di Mesir, American University of Cairo, atas berbagai tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual.

Polisi mengatakan, setidaknya enam pria yang berasal dari keluarga kaya dan berkuasa telah membius dan memperkosa seorang wanita saat berpesta di Fairmont Nile City Hotel, yang merupakan hotel bintang lima di Kairo.

Menyusul laporan Instagram, kepala jaksa penuntut Mesir membuka penyelidikan dan minggu lalu, Jaksa Agung, Hamada el-Sawy mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para tersangka tersebut. [mt/AN]


Komentar Pembaca