Pupuk Patriotisme dan Nasionalisme, Kemendikbud Ajak Seluruh Siswa Tonton Konser Virtual Gita Bahana Nusantara

Pendidikan  KAMIS, 13 AGUSTUS 2020 | 21:00 WIB

Pupuk Patriotisme dan Nasionalisme, Kemendikbud Ajak Seluruh Siswa Tonton Konser Virtual Gita Bahana Nusantara

foto/net

Moeslimchoice. Dalam rangka merayakan Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Salah satunya, dengan turut menjadi bagian dalam pagelaran orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan tampil dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka-Jakarta. 

Namun, untuk HUT RI tahun 2020 ini, para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasanya menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung. Lantaran pandemi virus corona (COVID-19) belum usai, serta adanya pembatasan kegiatan upacara kenegaraan di Istana.

"Karena situasi pandemi saat ini, paduan suara dan orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana. Namun akan tampil secara vitual dengan dikemas bertajuk Konser GBN tanggal 16-17 Agustus malam di Metro TV," jelas Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid di Jakarta, Kamis (13/8). 

Hilmar menjelaskan, bahwa kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri tersebut, salah satu pembuktian untuk menjaga semangat Patriotisme dan Nasionalisme generasi muda, khususnya dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

GBN bagi generasi muda menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda. Khususnya, di bidang olah vokal dan seni musik, yang pada akhirnya mampu menumbuhkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme, menghargai keberagaman, dan menguatnya jati diri dan karakter bangsa. 

"Banyak pembelajaran dari tayangan tersebut, salah satunya menunjukkan kepribadian bangsa. Kami mengajak seluruh siswa menyaksikan penampilan GBN," pintanya.

Gita Bahana Nusantara (GBN) sendiri merupakan gabungan vokalis dan pemusik terbaik dari seluruh wilayah Indonesia yang telah dibentuk sejak tahun 2003. 

Gagasan awal pembentukannya mengemuka dari Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang saat itu sedang menjabat sebagai Presiden RI. 

Megawati menginginkan dibentuknya paduan suara dan orkestra Nasional yang melibatkan generasi muda berusia 16-23 tahun di seluruh Indonesia dengan tetap menunjukkan kepribadian dan kebudayaan bangsa. 

"Tujuannya pembentukan GBN menguatkan jati diri dan karakter bangsa, menumbuhkan rasa kebangsaan, menghormati perbedaan. Kemudian memupuk rasa kebersamaan di kalangan generasi muda, dan membentuk Paduan Suara serta Orkestra Nasional yang tangguh," pungkas Hilmar. [mt]


Komentar Pembaca