Wapres Pastikan September 2021 Perkuliahan di UIII Sudah Berjalan

Pendidikan  RABU, 12 AGUSTUS 2020 | 14:00 WIB

Wapres Pastikan September 2021 Perkuliahan di UIII Sudah Berjalan

foto/net

Moeslimchoice.  Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin pada Senin (10/8) memimpin rapat koordinasi dan audiensi penyelesaian Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Turut mendampingi Wapres dalam audiensi yang digelar secara video conference itu Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi; Rektor UIII, Komaruddin Hidayat; Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dan mantan Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin.

Rapat juga diikuti Menteri Keuangan, Menteri PUPR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kementerian/lembaga terkait serta jajaran Rektorat UIII. Dalam arahannya, Wapres berharap aktivitas perkuliahan di kampus yang menjadi ikon pengembangan Islam Moderat di dunia itu dapat dimulai pada September 2021.

"Kita pastikan pada September 2021 aktivitas perkuliahan di UIII sudah berjalan. Saya harapkan segala kendala dapat dicari segera solusinya seperti pembebasan lahan dan penyelesaian tower TVRI," harap Wapres, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (11/8) petang.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi dalam paparannya menyatakan bahwa sejumlah kendala pembangunan kampus UIII saat ini dalam proses penyelesaian di antaranya pembebasan lahan, Tower TVRI termasuk pembangunan sejumlah gedung.

Untuk persiapan prasarana fisik dijelaskan Wamenag, pada Agustus 2020 sejumlah sarana fisik akan serah terima dari pihak pengembang, di antaranya Gedung Asrama Putra, Prof/Lect Housing dan infrastruktur dan pagar keliling kawasan.

"Sementara untuk gedung Fakultas A akan serah terima pada Desember 2020.  Sisanya pembangunan Gedung Perpustakaan, Masjid Universitas, Gedung Asrama Putri, Gedung Rektorat, Plaza Tiga Pilar dan Land Form kawasan Fakultas akan serah terima atau selesai pengerjaannya pada tahun 2021," ujar Wamenag.

Pembangunan kampus UIII dilakukan secara bertahap yaitu tahap pertama 2018-2020, tahap kedua 2020-2021, dan tahap ketiga 2022-2024. Pada tahap pertama ada lima paket pekerjaan. Tiga paket pekerjaan ditangani oleh Kemenag dan dua paket pekerjaan ditangani oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan UIII merupakan proyek strategis Nasional berdasarkan Perpres Nomor 56 Tahun 2018. Kemenag ingin pendidikan tinggi Islam di Indonesia dikenal secara Internasional melalui UIII ini. [mt]


Komentar Pembaca