Resmikan 5 Balai Nikah dan Manasik Haji, Menag: Itu Uang Rakyat. Gunakan Sebaik-baiknya

Nasional  SELASA, 11 AGUSTUS 2020 | 17:00 WIB

Resmikan 5 Balai Nikah dan Manasik Haji, Menag: Itu Uang Rakyat. Gunakan Sebaik-baiknya

foto/net

Moeslimchoice. Lima Balai Nikah dan Manasik Haji Lampung, kini hadir dengan wajah baru. Layanan pada lima Kantor Urusan Agama (KUA) ini, sekarang menggunakan gedung baru yang representatif, terutama untuk penyelenggaraan pernikahan dan manasik haji.

Balai Nikah dan Manasik Haji ini dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2019. Kelimanya berada di KUA Kec Bulok (Tanggamus), Pagelaran Utara (Pringsewu), Way Sulan (Lampung Selatan), Tulang Bawang Udik (Tulang Bawang Barat), dan KUA Kec Metro Barat (Kota Metro).

Penggunaan gedung layanan baru ini diresmikan hari ini, Selasa (11/8) oleh Menag Fachrul Razi. Bersamaan itu, diresmikan pula Gedung Asrama MTsN 2 Bandar Lampung dan Gedung Asrama Siswa Siswi MAN 2 Bandar Lampung. Keduanya juga dibangun dengan skema pembiayaan SBSN 2019. Diresmikan juga Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kankemenag Kab Tulang Bawang Barat yang dibangun dengan pembiayaan SBSN 2020.

Hadir dalam peresmian yang ditandai penandatanganan prasasti ini, Gubernur Lampung, Arinal Junaidi; Kakanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim; 15 Kepala Kankemenag Kab/Kota di lampung, Kepala Madrasah, tokoh agama, serta sejumlah penghulu dan penyuluh agama. 

Hadir juga staf khusus Mayjen TNI (Purn) Zul Efendi, Kepala Biro Humas, Data, dsn Informasi Suhaili, serta Sesmen Khoirul Huda Basyir.

"Gedung ini harus dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak sia-sia," pesan Menag, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag. 

"Proses pembangunannya jangan sampai ada kebocoran," sambungnya.

"Itu uang rakyat. Gunakan dengan sebaik-baiknya. Di tengah pandemi, percepat proses pembangunan agar ekonomi masyarakat bergerak kembali," pesannya lagi.

Kakanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim melaporkan bahwa tahun ini, pihaknya mendapatkan program pembangunan dengan skema pembiayaan untuk tujuh Balai Nikah dan Manasik Haji. Total anggarannya mencapai Rp 9,413 M yang tersebar di tujuh Kabupaten. 

Kanwil Kemenag Lampung juga membangun  Asrama Siswa MAN 1 Lampung Timur dan MAN 1 Sawaran. Selain itu, Kanwil Kemenag Lampung tahun ini juga membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu dengan anggaran Rp 2,4 M.

Pemprov Lampung menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Lampung di bidang keagamaan. Sejumlah program yang sudah dilakukan antara lain memberikan bantuan guru ngaji, bantuan menghafal Al-Qur'an, bantuan sarpras rumah ibadah, bantuan ormas Islam, marboth masjid besar, penyuluh agama, dan lainnya.

Pemprov Lampung juga berkomitmen menyerahkan seluruh tata kelola Islamic Center Lampung kepada Kanwil Kemenag Provinsi. 

"Tidak hanya asrama haji, semua aset yang ada di sini (asrama haji) bisa ditindaklanjuti untuk dikelola oleh Kanwil Kemenag Provinsi Lampung," tegas Gubernur.

"Penguasaan tanah dan tata kelola silakan lakukan. Berharap setelah dikelola Kemenag, bisa minta ke APBN dan APBD untuk hal-hal yang dibutuhkan," tutupnya. [mt]


Komentar Pembaca