Duka Bom Beirut| Ikuti Dua Rekannya, Menteri Kehakiman Lebanon Mundur Sebagai Protes

Internasional  SENIN, 10 AGUSTUS 2020 | 19:15 WIB

<b>Duka Bom Beirut</b>| Ikuti Dua Rekannya, Menteri Kehakiman Lebanon Mundur Sebagai Protes

foto/net

Moeslimchoice. Menteri Kehakiman Lebanon, Marie Claude Najm mengundurkan diri sebagai protes. Marie merupakan anggota Kabinet ketiga yang mengundurkan diri dari pemerintahan setelah ledakan dahsyat pekan lalu di Beirut, setelah dua rekannya, Menteri Informasi Manel Abdel Samad dan Menteri Lingkungan Damianos Kattar, seperti diberitakan kantor berita negara pada Senin (10/8).

Seperti dilansir dari ArabNews, Pengunduran diri Marie-Claude Najm pada Senin (10/8) ini terjadi sehari setelah Menteri informasi dan lingkungan, Damianos Kattar mengundurkan diri.

Rapat kabinet dijadwalkan akan dilakukan hari ini, di tengah laporan bahwa seluruh pemerintah mungkin akan mengundurkan diri. Jika total tujuh Menteri yang mengundurkan diri, maka Kabinet secara efektif akan menjadi pemerintahan sementara.

Ledakan dahsyat yang terjadi pada Selasa (4/8) lalu, membuat negara itu makin terpuruk setelah dilanda krisis ekonomi yang parah. Masyarakat punprotes dan turun ke jalan menyalahkan pemerintah atas kasus korupsi yang telah terjadi puluhan tahun, dan kesalahan aturan oleh kelas politik Lebanon yang mengakar.

Ledakan pada Selasa itu telah menewaskan lebih dari 160 orang dan melukai lebih dari 6.000 orang. Ini menyebabkan kerusakan luas di seluruh ibu kota dan melenyapkan pelabuhan. Hal tersebut tampaknya disebabkan oleh kebakaran yang menyulut timbunan bahan peledak yang disimpan di pelabuhan sejak 2013 itu. [mt]


Komentar Pembaca