Kemenag-Institut Leimena Siap Gelar Webinar Internasional untuk Perdamaian Dunia

Nasional  MINGGU, 09 AGUSTUS 2020 | 17:00 WIB

Kemenag-Institut Leimena Siap Gelar Webinar Internasional untuk Perdamaian Dunia

foto/net

Moeslimchoice. Menteri Agama RI, Fachrul Razi baru-baru ini menerima kunjungan dan silaturahmi pengurus Institut Leimena di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Presiden Institut Leimena, Jacob Tobing dan Senior Fellow Institut Leimena, Alwi Shihab yang saat ini menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), serta pengurus Institut Leimena, Vonny Tjandra dan Matius. 

Sementara Menag didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama, M Zain dan perwakilan PKUB Kemenag RI serta Sesmen, Khoirul Huda Basyir

Pertemuan jajaran pengurus Institute Leimena dengan Menag, membahas rencana Webinar Internasional kerjasama Kementeran Agama dengan Intitute Leimena, terkait kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia, khususnya Israel-Palestina.

Presiden Institut Leimena, Jacob Tobing mengatakan, Webinar ini merupakan tindak lanjut dari gelaran Abrahamic Faiths Roundtable kerjasama Kementerian Agama-Leimena Institut pada Juli 2020 lalu.

"Rekomendasi ini merupakan hasil analisa masukan seluruh peserta yang dipetakan sesuai butir-butir sambutan Pak Menteri, saat gelaran Abrahamic Faiths Roundtable. Bahwa tugas utama kita adalah mencari titik-titik temu sebagai keluarga besar agama-agama Abrahamic untuk dapat bekerjasama demi perdamaian dan kemajuan peradaban manusia," kata Jacob Tobing.

"Tujuan akhir Indonesia berperan sebagai negara yang memiliki kontribusi besar dalam perdamaian Israel dan Palestina. Dan ini menjadi tugas kita semua, sehingga Indonesia memiliki peran mendekatkan dunia," timpal Alwi Shihab. 

Menurut Alwi Shihab, dalam lima bulan ke depan Institute Leimena-Kementerian Agama, akan menggelar Webinar yang melibatkan tokoh agama dan intelektual baik dalam dan luar negeri.

Pada Agustus ini, lanjut Alwi Shihab, akan digelar Webinar Highlight of the Month. Kiblat dalam Islam dan dalam konteks agama-agama Abrahamic dengan menghadirkan narasumber Director of US Muslim-Jewish Relations American Jewish Committee, Ari Gordon dan pakar lainnya.

"Kami sangat berharap Bapak Menteri memberi sambutan dalam gelaran webinar nanti," ujarnya.

Menteri Agama Fachrul Razi menyambut baik rencana Webinar dengan melibatkan pakar dan tokoh agama lintas negara. Dia pun berharap, sebelum gelaran Weninar nanti panitia membentuk tim kecil, yang kemudian melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI.

"Ide untuk perdamaian dunia ini jangan sampai berhenti. Saya setuju dengan Webinar yang melibatkan tokoh agama dan pakar untuk perdamaian dunia. Kita juga harus koordinasi dengan Kemenlu terkait isu apa yang akan kita angkat nanti agar produk yang kita hasilkan bermanfaat untuk dunia," kata Menag.    

"Mari coba kita rumuskan dengan membentuk tim kecil sehingga pada saat Webinar nanti kita dekatkan dengan rumusan tersebut," tandas Menag. [mt] 


Komentar Pembaca