IAIN Takengon dan Universitas Malikussaleh Sinergi Kembangkan Kampus Merdeka

Pendidikan  SABTU, 08 AGUSTUS 2020 | 15:00 WIB

IAIN Takengon dan Universitas Malikussaleh Sinergi Kembangkan Kampus Merdeka

foto/net

Moeslimchoice. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon menjalin sinergi dengan Universitas Malikussaleh (Unimal) dalam pengembangan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor IAIN Takengon, Zulkarnain dengan Rektor Unimal, Herman Fithra di Takengon, Aceh.

"Sinergi ini dijalin sebagai upaya penguatan SDM, baik dosen dan mahasiswa kedua kampus," jelas Zulkarnain, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Rabu (5/8).

"Kami harap, dari IAIN Takengon dan Unimal akan lahir pelopor peradaban, tidak hanya di Aceh tapi juga dunia," sambungnya.

Rektor Unimal, Herman Fithra menjelaskan, sinergi ini membuka akses bagi mahasiswa Unimal yang berminat dalam pendalaman ilmu keagamaan untuk mengambil mata kuliah di IAIN Takengon. SKS mata kuliah yang diambil tersebut akan diakui oleh Unimal.

Selain itu, Unimal juga membuka akses dosen IAIN Takengon untuk menulis pada jurnal ilmiah Unimal yang sudah terakreditasi Sinta. 

"Kami juga akan mengadakan kolaborasi riset dosen," jelas Herman.

"Kami juga akan membentuk forum bersama pimpinan perguruan tinggi," lanjutnya.

Forum bersama ini, kata Herman, akan melakukan kajian dan memberikan masukan kepada Pemprov Aceh dalam pelaksanaan pembangunan. Masukan itu bisa terkait peningkatan ekonomi masyarakat atau solusinatas beragam persoalan sosial. [mt]


Komentar Pembaca