Alhamdulillah! Mulai Tanggal 10 Agustus 2020 Taspen Siap Cairkan Dana Pensiun ke-13

Ekonomi  JUMAT, 07 AGUSTUS 2020 | 22:15 WIB

Alhamdulillah! Mulai Tanggal 10 Agustus 2020 Taspen Siap Cairkan Dana Pensiun ke-13

Foto Ilustrasi/net

Moeslimchoice | PT Taspen (Persero) siap melakukan pencairan terhadap pembayaran pensiunan ke-13 mulai tanggal 10 Agustus 2020 mendatang. Hal ini diungkapkan Branch Manager Kantor Cabang Utama Jakarta, Ariyandi dalam keterangan tertulis yang diteriram redaksi, Jumat (7/8/20).
    
Menurutnya, pencairan tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106/PMK.05/2020 Tentang Pemberian dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Pensiun 13 Tahun 2020 kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
 
“Pembayaran Pensiun ke-13 tahun 2020 dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2020. Pembayaran dilakukan sesuai dan sebesar penghasilan bulan Juli 2020,” katanya.
Pembayaran poensiun ke-13 tahun 2020 ini, dilaksanakan dengan ketentuan bahwa pencairan tidak dikenakan potongan iuran dan potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung Pemerintah.

“Komponen penghasilan Pensiun ke-13 tahun 2020 bagi Penerima Pensiun atau Penerima Tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan,” papar Ariyandi.

Dalam hal Penerima Pensiun adalah juga Penerima Tunjangan, maka yang akan dibayarkan hanyalah salah satunya saja, mana yang paling besar di antara dua komponen tersebut.
 
“Jika tunjangannya lebih besar dari dana pensiun, maka yang akan dikeluarkan tunjangannya. Begitu pula sebaliknya,” kata Ariyandi.
 
Sementara itu, apabila penerima dana pensiun dan dana tunjangan tersebut adalah seorang janda atau duda (pasangannya telah meninggal dunia), maka dia akan diberikan kedua-duanyanya.

“Jika penerima dana pensiun dan penerima tunjangan adalah satu orang (janda atau Duda) maka dia akan diberikan kedua-duanya (dana pensiun ke-13 dan dana tunjangan),” terangnya.

Sementara itu, pembayaran pensiun ke-13 bagi Penerima Pensiun atau Penerima Tunjangan dari  Eks  PNS Dephub pada PT KAI (Persero), dilakukan melalui masing-masing Kantor Bayar Pensiun.

“Sedangkan bagi PNS dan  Pejabat Negara yang pensiun terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020, maka pembayaran Pensiun ke-13 tahun 2020 dilakukan oleh Instansinya,” terang Ariyandi.

“Kepada para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatas namakan PT Taspen,” pungkasnya.[fah]


Komentar Pembaca