PKS Belum Tentukan Dukungan bagi Balon Bupati Pacitan, Muklas: Tunggu Dua Minggu Lagi!

Daerah  JUMAT, 07 AGUSTUS 2020 | 14:20 WIB

PKS Belum Tentukan Dukungan bagi Balon Bupati Pacitan, Muklas: Tunggu Dua Minggu Lagi!

Ilustrasi: DPD PKS Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

MoeslimChoice | Sejumlah partai politik sudah mendengungkan dukungannya untuk berkoalisi dengan para Bakal Calon (Balon) Bupati Pacitan, Jawa Timur, di pentas Pilkada 2020, yang rencananya akan digelar pada 9 Desember nanti.

Namun, sejauh ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih bersikap hati-hati dalam menentukan arah koalisinya.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Pacitan, Muklas Soffan Haji, saat dihubungi MoeslimChoice melalui sambungan telepon selularnya.

“Memang, sampai saat ini, PKS belum berkoalisi dengan Balon Bupati Pacitan yang mana pun. Bukan berarti PKS tidak ingin berkoalisi. Namun, semua itu semata-mata merupakan sikap kehati-hatian PKS dalam mengambil keputusan penting,” kata Muklas kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (7/8/2020).

Ia menilai, para calon pemimpin di Pacitan ini sebenarnya relatif baik. Tetapi, melalui PKS, pihaknya akan menggali dan menimbang lagi, mana yang terbaik di antara yang baik-baik itu, demi masa depan Pacitan yang juga harus lebih baik lagi.

“Kita akan menimbang secara matang, secara cermat. Karena, menurut PKS, semua Balon Bupati yang muncul itu semuanya baik. Kita tinggal memilih yang terbaik dari mereka, juga seberapa jauh komitmennya terhadap Pacitan melalui visi dan misi yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Muklas, dalam waktu dekat ini, PKS berencana mengumumkan dukungannya untuk berkoalisi dengan salah satu Balon Bupati Pacitan.

Lantas, kepada siapakah dukungan PKS itu akan dialirkan? Muklas kembali menegaskan, sampai detik ini, hal itu belum diputuskan.

“Insya Allah, dalam waktu dekat, kira-kira dua minggu lagi, PKS Pacitan akan menyatakan sikap untuk mendukung salah satu Balon Bupati Pacitan. Tunggu saja. Semuanya sekarang masih kita pertimbangkan. Kita juga mengamati rekam jejaknya, dan potensi ke depannya seperti apa,” kata Muklas.

Menurutnya, tindakan yang diambil PKS tersebut akan menjadi sangat penting, terutama dalam konteks menuju Pacitan yang jauh lebih baik lagi. PKS sangat memperhitungkan dampak yang bakal muncul seandainya mereka salah dalam menyerahkan dukungannya kepada salah satu calon.

“Maka, PKS bersikap sangat berhati-hati. Karena, masalahnya bukanlah sekadar memilih yang ini atau yang itu. Sikap kita pun tentunya harus menjadi tonggak dari kemajuan Pacitan. Kalau kita kurang pas dalam menjatuhkan pilihan, dampaknya pun tentu bakal kurang baik juga bagi Pacitan,” jelasnya.

Dalam pemahaman Muklas, bila tidak didasari dengan kejelian, penetapan sebuah dukungan bisa berakibat buruk bagi masyarakat Pacitan sendiri. Karena, bagi PKS, dukungan itu harus diberikan secara bertanggung jawab terhadap masa depan Pacitan, bukan sekadar ajang meraup keuntungan.

“Bagi PKS, dukungan itu adalah suatu tanggung jawab yang sangat besar. Karena, ini bukan sekadar ajang untuk mencari keuntungan bagi parpol, tapi harus melahirkan keuntungan bagi seluruh rakyat Pacitan dengan munculnya seorang pemimpin yang benar-benar bisa mewujudkan cita-cita mereka menuju Pacitan yang gemah ripah loh jinawi,” pungkas Muklas. [yhr]


Komentar Pembaca