Idul Adha 2020| Pelaksanaan Kurban di Arab Saudi Dilakukan Secara Online

Kabar Tanah Suci  SABTU, 01 AGUSTUS 2020 | 16:45 WIB

<b>Idul Adha 2020</b>| Pelaksanaan Kurban di Arab Saudi Dilakukan Secara Online

foto/net

Moeslimchoice. Udhiyyah merupakan ritual melakukan kurban hewan selama Hari Raya Idul Adha. Dan untuk tahun 2020 kali ini, ritual telah berubah karena adanya pandemi coronavirus, dimana warga Saudi dan ekspatriat (warga asing di Saudi) lebih memilih untuk menjauh dari pasar ternak.

Orang-orang yang tinggal di Arab Saudi pun, akhirnya menemukan cara lain untuk melakukan kurban, yakni dengan menggunakan teknologi internet untuk pemesanan online atau mengirim uang ke negara asal mereka untuk dilakukan kurban di negara asalnya tersebut.

"Tahun ini, Idul Adha berbeda untuk ekspatriat (warga asing) di Arab Saudi, karena mereka akan menawarkan melakukan kurban sambil duduk di rumah untuk mengikuti nasihat medis, yaitu menjauh dari pertemuan di tengah pandemi," kata warga Riyadh, Zakir Azmi kepada Arab News. 

"Alih-alih mengerumuni pasar ternak dan rumah jagal, mereka mengalihdayakannya (udhiyyah) ke pedagang daging resmi dan kelompok lain, termasuk hypermarket, untuk melakukan ritual dengan melakukan pembayaran online dan mengumpulkan daging pada waktu tertentu," tambahnya.

Javed Hussain, yang bekerja di Universitas Umm Al-Qura di Makkah, mengatakan bahwa pandemi coronavirus berarti dia telah memutuskan untuk menjauh dari pertemuan, dan tidak merencanakan melakukan kurban hewan tahun ini di India.

"Saya melakukan ini untuk menghindari keramaian di pasar ternak dan pusat penyembelihan, dan ini adalah kontribusi kecil saya dalam memerangi atau memutus rantai virus," katanya kepada Arab News.

Ekspatriat asal Pakistan, Raja Ahmed Khan mengatakan, bahwa ia biasa melakukan kurban hewan setiap tahun di Riyadh, tetapi tahun ini karena pandemi virus corona, ia harus menghindari pertemuan publik di pasar ternak. 

"Akhirnya Saya telah memutuskan untuk melakukan udhiyyah (kurban) di Pakistan," katanya kepada Arab News. 

Semakin banyak orang Saudi yang menunjukkan minat untuk beralih ke layanan online untuk ritual melakukan kurban ini, dan semakin banyak rumah penyembelihan telah berinvestasi dalam layanan online, sehingga pelanggan dapat memilih hewan pilihan mereka dan waktu pengiriman melalui aplikasi seluler.

"Saya memutuskan untuk mencoba memesan Udhiyyah saya melalui layanan online untuk menghindari pertemuan yang pindah dari satu pedagang ke pedagang lain untuk mencari hewan yang tepat, dan khawatir tentang bagaimana cara menyembelihnya pada hari Idul Adha," kata warga negara Saudi, Abdullah Adel mengatakan kepada Arab News . 

"Saya melihat seseorang mengiklankan layanan itu secara online dan itu meyakinkan saya. Hewan-hewan dirawat dengan baik dan mereka mengirimkannya ke depan pintu rumah saya dengan kemasan yang layak, dan saya pikir itu patut dicoba," tambah Adel. 

Tetapi warga Saudi lainnya lebih menyukai cara tradisional. Asma Saleh, dari Riyadh, mengatakan, krisis tidak banyak mengubah Idul Adha bagi keluarganya. Mereka masih tetap berkumpul di rumah orang tuanya, untuk melakukan ritual Udhiyyah sendiri, dengan para pria yang menyembelih dan menyiapkan hewan-hewan, sementara para wanita berurusan dengan pembagian daging, apakah itu untuk memasaknya atau untuk mengirimkan kepada tetangga atau yang membutuhkannya.

Warga Saudi lainnya ada juga yang menyumbangkan Udhiyyah mereka atau biayanya untuk mereka yang lebih membutuhkannya, dengan melalui organisasi lokal atau organisasi amal Internasional seperti Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi. [mt]


Komentar Pembaca