Pemerintah Sibuk New Normal

Prediksi BIN Soal Corona Terbukti Akurat

Polhukam  RABU, 29 JULI 2020 | 06:50 WIB | RMOL

Prediksi BIN Soal Corona Terbukti Akurat

Foto/net

Moeslimchoice | Prediksi Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyebut bulan Juni dan Juli sebagai puncak Covid-19 di tanah air terbukti akurat. Menurut BIN, Covid-19 di Indonesia pada akhir Juli akan bertengger di angka 106 ribu kasus.

Sementara itu, data positif corona di Indonesia hingga Minggu kemarin terkonfirmasi tembus diangka 100.303 kasus.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, lonjakan kasus di Indonesia terjadi seiiring dengan Pemerintah yang belakangan gencar menggaungkan new normal.

"Awalnya, pemerintah terlihat memilih kesehatan sebagai prioritas, belakangan dengan new normal pemerintah sudah ingin memadukan antara kesehatan dan ekonomi sekaligus," ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Adi pun menegaskan, saat ini posisi Pemerintah dihadapkan dengan situasi yang serba rumit. Selain itu pemerintah juga dihadapkan dengan pilihan yang sulit yakni memilih antara memprioritaskan ekonomi atau kesehatan.

Namun Direktur Eksekutif Parameter Politik itu menyarankan jika pemerintah ingin melanjutkan new normal. Maka, aturan terhadap protokol kesehatan harus diperketat.

"Harus imbang. Patuhi protokol kesehatan dan mesti ada sanksi bagi yang melanggar," tegas Adi. [ary]


Komentar Pembaca