Haji 2020| Masjidil Haram Siap Sambut Tamunya dengan Sehat dan Selamat

Kabar Tanah Suci  SELASA, 28 JULI 2020 | 23:45 WIB

<b> Haji 2020</b>| Masjidil Haram Siap Sambut Tamunya dengan Sehat dan Selamat

foto/net

Persiapan untuk kesehatan dan keselamatan akhir dari para jamaah haji di Makkah telah dibuat sejalan dengan langkah-langkah pencegahan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19).

Klinik Keliling, botol air Zamzam sekali pakai, dan kontrol pergerakan telah diberlakukan oleh otoritas Saudi.

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah merancang dan memasang jalur untuk mengarahkan jalannya para jamaah di Masjid al-Haram dan memastikan komitmen untuk langkah-langkah yang menjauhkan sosial.

Ini juga telah mengalokasikan pintu masuk dan pintu keluar khusus, untuk mencegah keramaian dan menyediakan pergerakan jamaah dengan lancar.

Rencana keselamatan disusun dalam kolaborasi antara kepresidenan, Kementerian Haji dan Umrah, dan otoritas keamanan.

Kepresidenan juga telah meningkatkan kapasitas produksi botol air Zamzam untuk dibagikan kepada para jamaah. Botol-botol tersebut dibersihkan, diamankan, dan diproduksi untuk sekali pakai.

Pendingin air dan botol yang dapat digunakan kembali, telah dilarang karena alasan kesehatan, dan sebagai gantinya Presiden akan membagikan sejumlah botol air Zamzam kepada setiap jamaah.

Sebagai kelanjutan dari upaya untuk memastikan Musim Haji yang aman, Kementerian Kesehatan Saudi akan menyediakan Klinik Keliling dengan bus untuk menemani para jamaah, saat mereka melakukan perjalanan melintasi situs-situs suci sepanjang tahapan haji yang berbeda.

Akan ada lima Klinik Keliling yang dilengkapi dengan semua peralatan medis yang diperlukan, dan didampingi oleh tim kesehatan yang berkualifikasi, dokter umum untuk pemeriksaan awal pasien, klinik gigi, dan laboratorium.

Klinik-klinik tersebut ditugaskan untuk mengambil sampel dan mengujinya, melakukan rontgen, dan memberikan obat kepada pasien.

Sementara itu, di antara terbatasnya jumlah jamaah haji tahun ini, adalah Mohammed Jamal, seorang jamaah Eritrea kelahiran Saudi, dan istrinya Heba.

"Saya sangat senang terpilih untuk melakukan haji tahun ini. Semuanya telah difasilitasi untuk kami sejak kami pertama kali tiba di Makkah," kata Mohammed Jamal. [mt]


Komentar Pembaca