Pendaftaran Haji Bagi Warga Asing di Arab Saudi Telah Dibuka

Kabar Tanah Suci  SELASA, 07 JULI 2020 | 21:15 WIB

Pendaftaran Haji Bagi Warga Asing di Arab Saudi Telah Dibuka

foto/net

Moeslimchoice. Kesehatan yang baik akan menjadi kriteria utama untuk memungkinkan seseorang melakukan ibadah haji tahun ini. Hal itu untuk memastikan keamanan bagi para jamaah haji lainnya, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Senin (6/7).

Dari total 10.000 jamaah yang melaksanakan ibadah haji tahun 2020 ini, 70 persen adalah jamaah Non-Saudi (bukan warga Saudi) yang tinggal di Arab Saudi. Sementara untuk 30 persen sisanya adalah jamaah warga negara, tambah kementerian itu.

Prioritas akan diberikan kepada orang yang tidak menderita penyakit kronis apa pun. Mereka harus menjalani tes reaksi rantai polimerase untuk memastikan mereka tidak terinfeksi COVID-19.

Selain itu, diprioritaskan juga bagi orang-orang yang belum pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya, dan yang berusia antara 20 hingga 50 tahun yang akan diizinkan untuk melakukan ibadah haji. 

Mereka juga harus berkomitmen untuk bersedia dikarantina selama 14 hari, baik sebelum maupun setelah melaksanakan ibadah haji.

Bagi warga Non-Saudi yang memenuhi persyaratan bisa langsung mendaftar di localhaj.haj.gov.sa. 

Pendaftaran mulai dibuka pada Senin (6/7) sampai tanggal 10 Juli 2020. Kementerian mengatakan, rencana luar biasa telah disiapkan untuk tahun ini, dan yang mendaftar haji melalui situs webnya akan diperlakukan sebagai pengajuan awal.

Pendaftaran akhir akan dipertimbangkan hanya setelah penerbitan persetujuan akhir, dan setelah memastikan bahwa pemohon telah memenuhi semua standar kesehatan dan peraturan. 

Hasil aplikasi akan dikirim melalui pesan teks. Pelamar harus menyatakan bahwa mereka tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit pernapasan, dan bahwa mereka tidak terinfeksi COVID-19 atau menunjukkan gejala apa pun. [mt/ArabNews]


Komentar Pembaca