iPhone Stop Produksinya Di India, Gara-gara Bentrokan Perbatasan Dan Aksi Boikot

Internasional  SABTU, 04 JULI 2020 | 17:30 WIB | RMOL

iPhone Stop Produksinya Di India, Gara-gara Bentrokan Perbatasan Dan Aksi Boikot

Iphone India/Net

MoeslimChoice | Konflik panjang antara China dan India berdampak pada mundurnya perusahaan perakitan iPhone di India. Apple yang memiliki jaringan produksi di China dan India terpaksa menutup sejumlah pabrik perakitannya setelah otoritas India memblokir segala aktivitas pengiriman dari China ke India.

Pemblokiran itu membuat komponen iPhone yang diproduksi di China tertahan. Padahal proses perakitan komponen untuk menjadi iPhone harus dilakukan di India, dikutip Reuters.

Mitra produsen Apple di India, Foxconn, tidak menerima pasokan komponen untuk dikerjakan. Ini sangat berpengaruh terhadap ratusan karyawan yang akhirnya tidak bisa mengerjakan apa-pun.

Pada awal tahun ini, Apple mulai memproduksi sejumlah model iPhone tertentu di India. Pabrik Foxconn India bertugas untuk memproduksi beberapa model iPhone seperti iPhone SE sampai iPhone XR.

Dengan memproduksi iPhone di India, Apple berharap bisa meningkatkan pangsa pasar mereka di negara tersebut. Sejauh ini India jadi salah satu negara yang cukup sulit ditembus oleh Apple.

Selama ini harga produk iPhone dirasa terlalu mahal oleh warga India. Salah satu penyebabnya adalah pajak masuk yang tinggi. Dengan melakukan produksi dalam negeri, Apple berharap produk mereka bisa lebih diterima karena harga jual bisa sedikit ditekan.

Sejak terjadinya bentrokan di Ladakh dan aksi boikot terhadap produk China, lebih dari 150 pengiriman komponen ke Foxconn India dari pabrik meraka yang ada di China, tertahan di pelabuhan Chennai.

Pemblokiran ini semakin membuat rumit bisnis Apple yang sejak pandemik mengalami kesulitan. Pasukan komponen mereka dari China secara otomatis tertahan dan sulit didistribusikan.

Imbasnya Apple sempat menunda perilisan iPhone SE 2 beberapa waktu lalu. Perilisan seri iPhone 12 juga dikabarkan akan mundur. (wrn)


Komentar Pembaca
Doa Bangun Tidur Rasulullah ﷺ 

Doa Bangun Tidur Rasulullah ﷺ 

Selasa, 11 Agustus 2020 | 16:33

Pancasila Dalam Al-qur'an

Pancasila Dalam Al-qur'an

Senin, 10 Agustus 2020 | 22:34

Meresahkan Warga di Semarang, Kera Liar Berhasil Ditangkap