PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 16 Juli 2020

Daerah  RABU, 01 JULI 2020 | 20:10 WIB

PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 16 Juli 2020

foto/net

Moeslimchoice. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial  Berskala Besar (PSBB) Transisi selama 14 hari ke depan.

"PSBB Transisi di Jakarta diperpanjang 14 hari ke depan dan akan di evaluasi lagi sesudah kita dapat perkembangan terbaru," ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).

Seperti diketahui, PSBB transisi Jakarta fase 1 yang dimulai sejak 5 Juni akan berakhir besok, Kamis (2/7). Dalam PSBB transisi tersebut sejumlah kegiatan yang dibatasi selama PSBB mendapat pelonggaran.

Beberapa di antaranya kegiatan ibadah termasuk shalat Jumat kembali dibuka dan sejumlah perkantoran juga kembali diizinkan beroperasi.

Kemdian pada 15 Juni giliran pusat perbelanjaan dan mal kembali diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Pada 20 Juni, Taman dan tempat-tempat rekreasi juga diizinkan kembali dibuka dengan berbagai peraturan guna mencegah menyebarnya virus corona. 

Selain memperpanjang PSBB Transisi, pada kesempatan tersebut, Anies juga mengungkapkan, bahwa pada PSBB Transisi fase kedua ini, akan lebih difokuskan pada pengawasan Pasar Tradisional dan Transportasi Umum yang dianggap sebagai pusat penyebaran virus corona. 

Sementara itu, Anies menyatakan bahwa untuk saat ini belum ada rencanamengenai pembukaan sekolah di DKI.

"Belum ada rencana pembukaan sekolah, kita masih memantau. Karena salah satu risiko besar terpapar adalah anak-anak," kata Anies di Balai Kota, Rabu (1/7).

Anies mengatakan, risiko anak yang terpapar Covid-19 di Jakarta cukup tinggi. Untuk itu, meskipun tahun ajaran baru segera dimulai maka pertemuan tatap muka belum akan dilaksanakan.

"Sekolah belum akan dibuka meskipun tahun ajaran mulai di 13 Juli 2020. Mulainya masih di dalam pembelajaran daring," katanya.

PSBB Transisi fase 1 ini diperpanjang sejak 2 Juli 2020 besok hingga 16 Juli 2020 mendatang. [mt]


Komentar Pembaca