Sekjen PBNU: Mari Fokuskan Tangani Covid-19

Polhukam  SABTU, 27 JUNI 2020 | 06:55 WIB | RMOL

Sekjen PBNU: Mari Fokuskan Tangani Covid-19

Foto/net

Moeslimchoice | Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sependapat dengan pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang meminta semua pihak fokus pada penanganan Covid-19, ketimbang membahas kontroversi RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Mari energi kita, kita fokuskan untuk bagaimana mengahadapi Covid-19 ini. Sebetulnya kita ini belum siap memasuki era new normal, tapi karena pertimbangkan banyak hal terutama soal ekonomi," kata Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini saat mengisi diskusi daring yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat bertajuk Agama dan Pancasila, Merawat KeIndonesiaan: Bedah Tuntas RUU HIP', Jumat (26/6/2020).

Helmy menegaskan, Pancasila merupakan pemersatu semua elemen bangsa Indonesia. Dengan spirit Pancasila itu, seharusnya semua pihak saling bahu-membahu menghadapi pandemik Covid-19 yang masih menyisakan sejumlah persoalan.

"PBNU cuma menegaskan bahwa Indonesia bukanlah negara agama, tetapi Indonesia juga bukan negara sekuler. Bagi NU, Pancasila itu merupakan titik temu dari adanya berbagai macam perbedaan. Hari hari ini kita menghadapi pandemik," tuturnya.

Menurutnya, membahas RUU HIP sama saja memperdebatkan ideologi yang melelahkan.

"Kalau kita membahas RUU HIP ini, maka ini akan membongkar sesuatu yang tidak bisa kita tutup kembali," tutupnya. [ary]


Komentar Pembaca