Transaksi SPBU di Aceh Sekarang Bisa Lewat BNI Syariah

Ekonomi  JUMAT, 26 JUNI 2020 | 15:27 WIB | Natasha

Transaksi SPBU di Aceh Sekarang Bisa Lewat BNI Syariah

Foto Ilustrasi/net

Moeslimchoice | Dalam rangka memudahkan transaksi produk migas, PT BNI Syariah melakukan kerja sama dengan PT Pertamina untuk melayani transaksi produk di Aceh.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi menjelaskan dengan adanya kerja sama ini maka pelanggan BUMN migas itu dapat melakukan pembayaran transaksi SPBU dan agen/distributor produk Pertamina di teller cabang melalui sistem terintegrasi secara host to host.

"Transaksi dilakukan antar rekening BNI Syariah baik BNI Giro iB Hasanah maupun BNI Tabungan iB Hasanah," kata Iwan Abdi pada awak media, Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Ia mengharapkan layanan OPBS bisa menjadi sumber fee based income (FBI) baru bagi anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero).

“Transaksi OPBS mempunyai potensi bisnis cukup besar dan strategis. Kami berharap, melalui layanan ini mitra usaha Pertamina dapat memanfaatkan produk perbankan syariah yang dimiliki BNI Syariah secara optimal,” ujarnya.

Layanan OPBS Pertamina ini bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian Aceh. Fokus utama kerja samanya adalah menjaga layanan perbankan yang selama ini didapatkan oleh mitra usaha Pertamina, terkait dengan penerapan qanun LKS. Dengan begitu, mitra bisa mendapatkan layanan perbankan syariah secara maksimal.

"Kami menargetkan jumlah nasabah yang bisa dilayani dalam program itu mencapai 227 di Aceh. Di antaranya adalah SPBU, agen/distributor LPG, industri, dan marine. BNI Syariah akan melakukan koordinasi yang intensif dengan Pertamina untuk melakukan sosialisasi bersama terkait penerimaan pembayaran ini,” ucap Iwan Abdi.

Saat ini, di Provinsi Aceh terdapat dua kantor cabang utama yaitu Kantor Cabang Banda Aceh dan Kantor Cabang Lhokseumawe, dengan dukungan sembilan kantor cabang pembantu dan akan ditambahkan dengan outlet konversi Qanun.

"Ada dua metode pembelian produk yang disediakan BNI Syariah melalui sistem OPBS yaitu Metode Cash and Carry Curah, yaitu metode pembelian secara curah dimana nasabah dapat melakukan pemesanan produk dan pembayaran langsung di BNI Syariah. Dan yang kedua adalah Metode Cash and Carry Quotation, yaitu metode pembelian dengan mengajukan permintaan terlebih dahulu kepada Pertamina, dan kemudian Pertamina akan mengirimkan penawaran harga kepada nasabah untuk dibayarkan di BNI Syariah," pungkasnya.[ken]


Komentar Pembaca