Pemkot Jaktim Terjunkan Satpol PP Cek Penerapan PSBB di Pasar Mainan Anak, Jatinegara

Berita  KAMIS, 25 JUNI 2020 | 17:45 WIB | Deman

Pemkot Jaktim Terjunkan Satpol PP Cek Penerapan PSBB di Pasar Mainan Anak, Jatinegara

foto/net

Moeslimchoice. Guna mengantipasi melonjaknya penularan Virus Corona Covid-19 pada masa transisi ini, pihak Pemkot Jakarta Timur menerjunkan Tim agar melakukan pengawasan pada sejumlah pasar. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya pencegahan meluasnya penyebaran virus pada kawasan ramai penduduk yang melakukan aktivitas perdagangan.

Salah satu kawasan yang menjadi sorotan pengawasan adalah Pasar Mainan Anak yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara. 

Di lokasi tersebut ditemukan 73 orang yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan. Mereka terdata sebagai pihak pedagang dan pihak pembeli.

Menurut Sadikin, selaku Kasatpol PP Kecamatan Jatinegara, banyaknya pelanggaran yang dilakukan masyarakat dalam beraktivitas di lokasi tersebut disebabkan oleh ketidakpahaman mereka menyangkut instruksi Gubernur tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Akibatnya, pelanggaran dengan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak menjadi meningkat dibandingkan dengan saat PSBB fase kedua yang sudah diberlakukan.

"Yang perlu mereka ketahui adalah bahwa PSBB masa transisi ini dilonggarkan, tetapi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus tetap berjalan sebagaimana mestinya," ujar Sadikin, Kamis (25/6).

Lebih jauh, Sadikin menjelaskan, bahwa PSBB masa transisi ini bukanlah pelonggaran protokol kesehatan, namun pelonggaran untuk bidang pekerjaan, pertokoan, dan aktifitas masyarakat. 

Protokol kesehatan wajib dijalankan sebaik mungkin oleh masyarakat, begitu pun para pedagang yang ada di Pasar Gembrong.

"Saya sangat apresiasi bagi pedagang, sekalipun tidak semua yang sudah mematuhi untuk menggunakan masker dengan benar," tandasnya. [mt]


Komentar Pembaca