Kemensos Salurkan Bantuan dan Teken MoU Asistensi Penanganan Dampak Covid-19 dengan 11 LKS

Sosial  SELASA, 23 JUNI 2020 | 14:17 WIB | Ida Iryani

Kemensos Salurkan Bantuan dan Teken MoU Asistensi Penanganan Dampak Covid-19 dengan 11 LKS

Kerjasama penyaluran bantuan dan asistensi penanganan masyarakat terdampak Covid-19/ida

Moeslimchoice | Pemberian asistensi bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 adalah sesuatu yang  sangat dibutuhkan. Hal ini yang menjadi alasan Kementerian sosaial melalui Dirjen Rehabilitasi Sosial (Rehsos) menjalin kerjasama dengan  11 LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) dalam penanganan pemulung yang terdampak Covid-19 di DKI Jakarta.

“Para LKS  berhadapan langsung  dengan para pemulung dan juga warga yang terdampak Covid, merekalah yang berkiprah dan berhadapan langsung di lapangan. Inilah yang menjadi alasan kita menjalin MoU dengan LKS guna mensuport penuh dari berbagai aspek regulasinya, kebijakan-kebijakan  dan maupun hal pendanaan, " kata Direktur Rehabilitas Tuna sosial dan Korban Perdagangan Orang, Waskito Budi Kusomo di sela-sela penandatangan kerjasama  dengan 11 LKS  di Balai Pangudi Luhur, Bekasi, Senin (22/6/20).

“Yang perlu ditekankan dalam hal ini adalah bahwa masyarakat kita kurang disiplin akan kesehatan jadi kita butuh sinergi satu sama lain dalam memerangi Covid 19 sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid ," ujar Waskito.

Sejauh ini ada 2.800 penambahan pemulung dan penerima manfaat  khusus Jakarta  yang masuk di LKS dan Tempat Penampungan Sementara (TPS )di GOR yang tersebar di Jakarta. Untuk pendanaan Ditjen Rehsos menganggarkan Rp 900 ribu perorang.  

"Ada sekitar 5 juta orang terdampak Covid  yang ditangani Ditjen Rehsos dan kemungkinan akan terus bertambah. Kita memulai langkah awal bagaimana menangani persoalan sosial, dan dalam hal ini Negara bertanggung jawab atas masalah sosial mereka,” ungkap Waskito.

Selain memanfaatkan 11 LKS guna menyalurkan bantuan kepada pemulung dan masyarakat terdampak Covid-19 di Jabodetabek, Dirjen Reshsos juga melakukan penyaluran bantuan melalui 6 rehabilitasi sosial yang berada di bawah naungan Kemensos.[fah]


Komentar Pembaca