Banyak Pasar Ibu Kota Gelar Rapid Test, Pengunjung Mal Masih Sepi

Kesehatan  SENIN, 22 JUNI 2020 | 04:30 WIB | Deman

Banyak Pasar Ibu Kota Gelar Rapid Test, Pengunjung Mal Masih Sepi

Rapid test di Pasar Klender, Jakarta Timur. | Foto: Pemkot Jaktim

MoeslimChoice | Meski banyak pasar di Ibu Kota menggelarrapid test masal dan menemukan pedagang yang reaktif, bukan berarti warga pengunjung pasar berpindah ke mal. Mal-mal di Jakarta pada Minggu, 21/6/20 ternyata masih banyak yang sepi meskipun berlaku pembatasan pengunjung.

Pada satu sisi pengunjung mal yang sepi menunjukkan warga tetap waspada terhadap bahaya penularan penyakit virus corona (Covid-19) setelah pasar juga menjalani rapi test. Namun di sisi lain, pembatasan pengunjung mal juga berdampak terhadap angka kunjungan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menyatakan berdasarkan aturan dari pemerintah pun diatur bahwa pusat perbelanjaan hanya boleh terisi maksimal 50 persen dari daya tampungnya.

"Ini juga menunjukkan pengusaha mal menerapkan protokol kesehatan sebaik-baiknya," kata Ellen, Minggu, 22/6/20. Menurut dia, pengusaha mal juga sudah pasti mempertimbangkan keselamatan pengunjungnya.

Bagaimana dengan pasar? Belakangan ini pasar-pasar di Jakarta justru semakin intensif menggelar rapid test. Juga pasar-pasar di wilayah penyangga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Alhasil, pada Sabtu, 20/6/20, Wakil Gubernur Dki Jakarta Ahmad Riza Patria mengemukakan tercatat 79 pedagang di beragai pasar Ibu Kota menunjukkan hasil reaktif dalam rapid test masal.

Hasil itu didapat dari uji swab masal yang dilakukan di 33 di pasar tradisional di Jakarta. Riza menyebut dari hasil uji swab itu ditemukan 12 pasar yang menjadi kluster Covid-19.

"Data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah 33 pasar yang melakukan uji swab masal. Dari situ ada tujuh pasar negatif Covid-19 sementara 12 pasar yang positif. Sisanya masih menunggu hasil," kata Riza ketika mengunjungi Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 20/6/20.

Berikut daftar pasar lokasi rapid test dengan temuan reaktif:

Lokasi Rapid Test

Jumlah Test

Jumlah Reaktif

Pasar Grogol, Jakarta Barat

7

1

Pasar Puri Indah, Jakarta Barat

39

1

Pasar Obor Gedong, Jakarta Timur

4

1

Pasar Embrio Makasar, Jakarta Timur

101

1

Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur

100

49

Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur

81

18

Pasar Komplek Koja, Jakarta Utara

1

1

Pasar Minggu, Jakarta Selatan

48

3

Pasar Kedip Dua, Jakarta Selatan

94

2

Pasar Lenteng Agung, Jakarta Selatan

113

2

Pasar Thamrin City, Jakarta Pusat

10

2

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat

90

13

Pasar Timbul, Jakarta Pusat

74

2

Pasar Sabeni, Jakarta Pusat

69

3

Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat

72

1

Pasar Serdang, Jakarta Pusat

51

14

Pasar Petojo Enclek, Jakarta Pusat

42

9

Pasar Rawasari, Jakarta Pusat

202

14



Komentar Pembaca