California dalam Persiapan Buka Kembali Industri Film Hollywood Pada Juli 2020

Internasional  SELASA, 16 JUNI 2020 | 21:30 WIB

California dalam Persiapan Buka Kembali Industri Film Hollywood Pada Juli 2020

foto/net

Moeslimchoice. California bersiap-siap untuk memasuki tahap ketiga dari rencana empat tahap yang dicangkan Gubernur Gavin Newsome untuk membuka kembali negara setelah langkah-langkah lockdown yang diberlakukan untuk menahan penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19). Sebagai usaha bisnis industri film dan TV, Hollywood bertanya-tanya kapan dan bagaimana produksi film akan dilanjutkan.

Seperti dilansir dari Arab News, Colleen Bell, direktur eksekutif Komisi Film California, yang bertugas mengawasi izin industri, pelatihan, dan insentif pajak berbicara banyak tentang industri film Hollywood. Dia bekerja bersama Gubernur Newsome dan pejabat kesehatan masyarakat untuk menjawab pertanyaan itu.

"Ada begitu banyak produksi yang terjadi di sini di negara bagian California, dan antara satu menit dan yang lain itu benar-benar tertutup. Ini adalah keadaan yang unik," kata Bell.

Dia memperkirakan, antara studio utama di California Selatan, perusahaan produksi indie dan bisnis tambahan, jumlah pekerjaan industri hiburan yang terkena dampak penutupan adalah ratusan ribu.

"Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan, tanpa gaji. Mereka punya tagihan untuk dibayar dan keluarga yang harus diurus," katanya.

"Melanjutkan aktivitas produksi di sini di negara bagian akan menjadi bagian penting dari pemulihan ekonomi secara keseluruhan," tambahnya.

Namun sebelum syuting dapat dilanjutkan, para pejabat perlu menentukan bagaimana memastikan keamanan tenaga kerja. Ini penting untuk kesehatan individu dan untuk mencegah gelombang kedua wabah COVID-19.

Menurut Bell, banyak kelompok bekerja untuk menentukan protokol dan pedoman kesehatan baru apa yang akan, baik dalam hubungannya satu sama lain atau secara terpisah. Selain kantor gubernur, Komisi Film dan pejabat kesehatan masyarakat, banyak kelompok lain yang memiliki kepentingan dalam produksi untuk memulai kembali dengan aman. Ini termasuk eksekutif studio, produsen independen, serikat pekerja dan spesialis asuransi.

Bell mengidentifikasi dua masalah utama yang dihadapi para pembuat film ini dalam menyusun pedoman untuk dibuka kembali.

"Pembuatan film biasanya berlangsung di lingkungan yang akrab dengan para pemain dan kru bekerja sama dengan tenggat waktu yang ketat," katanya tentang masalah pertama. 

"Setting tempat adalah lingkungan yang relatif terkontrol, tetapi sering kali banyak orang yang terlibat," ujarnya.

Seorang mantan produser film, Bell mengingat hari-hari yang dihabiskan dalam set dan kantor ukuran trailer, bekerja bersama dengan banyak orang, maka itu akan mempermudah bagi virus untuk menyebar. Dalam keadaan seperti ini, perubahan harus dilakukan untuk menjaga jarak sosial dan untuk membuat langkah-langkah keamanan cadangan.

Masalah kedua lebih rumit. Tidak seperti bisnis lain yang akan dibuka kembali, seperti pusat kebugaran atau restoran di mana tata letak dan ketentuan dasarnya sama dari lokasi ke lokasi, sementara kalau film dan perangkat TV kurang konsisten. Kondisi dapat sangat bervariasi dari produksi ke produksi, sehingga sulit untuk membuat seperangkat protokol yang seragam.

"Anda punya produksi fasilitas kecil, produksi panggung suara besar, syuting di lokasi. Ada begitu banyak lingkungan yang berbeda," kata Bell. 

"Saya tidak percaya itu akan menjadi satu ukuran cocok untuk semua produksi," tambahnya.

Bell mampu menguraikan beberapa ide, namun, yang dapat diterapkan pada sebagian besar set film, yang pertama adalah sehubungan dengan omset katering. Secara tradisional, banyak meja terbuka, memungkinkan pemain dan kru untuk menangani makanan.

"Saya tidak yakin mereka begitu sehat untuk memulai," kata Bell tentang praktik penyajian makanan.

Gagasan lain yang sedang dibahas adalah membatasi akses ke berbagai bagian set dan ruang kerja. Membatasi di mana pekerja tertentu diizinkan akan membantu menciptakan lingkungan yang terkendali dan memungkinkan jarak sosial yang lebih konsisten.

Potensi praktik kesehatan dan keselamatan baru yang terakhir adalah membatasi kontaminasi silang dengan menetapkan masing-masing anggota trhadap alat mereka sendiri. Saat ini dan pedoman lainnya diberlakukan, Bell melihat peluang industri untuk perbaikan.

"Kondisi yang dipaksakan ini mendorong fokus pada keselamatan dan kesehatan pada perangkat," katanya. 

Dengan bioskop yang direncanakan dibuka kembali di seluruh dunia pada bulan Juli, industri hiburan mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri lockdown COVID-19. 

Sementara Bell tidak dapat memberikan batas waktu spesifik untuk kapan produksi film akan dilanjutkan. Dia memberikan jaminan bahwa Komisi Film California bekerja tanpa lelah untuk membantu memastikan bahwa aktor, sutradara dan desainer dapat kembali ke set film mereka dengan cara yang paling aman. [mt]


Komentar Pembaca