Spanyol Laporkan Zero Kasus Meninggal Terkait Covid-19 untuk Pertama Kalinya Sejak Maret.

Internasional  SELASA, 02 JUNI 2020 | 11:30 WIB

Spanyol Laporkan Zero Kasus Meninggal Terkait Covid-19 untuk Pertama Kalinya Sejak Maret.

foto/net

Moeslimchoice. Ini sungguh kemajuan yang luar biasa. Spanyol mengkonfirmasi bahwa hanya ada 71 kasus terinfeksi virus corona dalam waktu 24 jam terakhir, tanpa adanya kasus meninggal.

Periode bebas-kematian ini digambarkan sebagai 'sangat, sangat menggembirakan' oleh kepala tanggap darurat kesehatan Spanyol, Fernando Simon.

"Kami berada di tempat yang sangat baik dalam evolusi pandemi," katanya.

Terakhir, Spanyol melaporkan tidak ada kasus meninggal terkait dengan coronavirus yaitu pada bulan Maret 2020, dengan dua kematian pertama pada 19 Maret yang terjadi pada 3 Maret.

Menyusul setelah adanya kasus meninggal ini, Spanyol langsung mengalami lonjakan yang dramatis untuk yang terinfeksi maupun yang meninggal, dengan puncaknya berjumlah 950 kasus meninggal dalam waktu 24 jam yang terjadi pada 2 April.

Menurut Universitas John Hopkins, kasus virus corona Spanyol sejauh ini berada di bawah 240.000 kasus yang dikonfirmasi dan 27.127 kasus meninggal. 

Bulan lalu, Spanyol memulai proses pelonggaran dalam pemberlakukan lockdown, dimana mereka mulai dengan memungkinkan satu bentuk kegiatan setiap hari.

Pemerintah Spanyol membagi kegiatan yang diperbolehkan ke dalam sistem rota, di mana orang diperbolehkan ke luar rumah antara pukul 6 pagi dan 10 pagi atau 8 malam hingga 11 malam.

Mereka yang berusia 70 tahun atau lebih harus menunggu sampai pukul 10 pagi dan tengah hari atau pukul 19:00 dan 20:00 jika ingin ke luar.

Beberapa bagian dari Spanyol juga memperkenalkan langkah-langkah jarak sosial di pantai, dimana mereka menggunakan area bertali untuk menjaga orang-orang pada jarak yang aman dari satu sama lain.

Sistem kotak bertali yang memungkinkan orang untuk menikmati pantai mereka, tetapi dengan kapasitas yang berkurang. [mt/Dailymail]


Komentar Pembaca