Garuda Percepat PHK Pilot Kontrak

Ekonomi  SELASA, 02 JUNI 2020 | 09:25 WIB | Sunarya Sultan

Garuda Percepat PHK Pilot Kontrak

MoeslimChoice | Maskapai penerbangan memutus hubungan kerja dengan pilot pastilah menandakan penumpang manusia maupun barangnya berkurang. Jika banyak sewa, kenapa pula harus pilot yang kena PHK. Itulah kondisi maskapai penerbangan badan usaha milik negara (BUMN) PT Garuda Indonesia Tbk.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membenarkan adanya PHK yang dilakukan perseroan terhadap sejumlah pilot. Perseroan memutuskan untuk mempercepat penyelesaian kontrak kerja pilot. "Pada dasarnya kebijakan yang Garuda Indonesia berlakukan adalah penyelesaian lebih awal atas kontrak kerja pegawai dengan profesi penerbang dalam status hubungan kerja waktu tertentu," kata Irfan dalam pernyataan resmi, Senin, 1/6/20.

Ia mengatakan kebijakan tersebut harus diambil sebagai upaya menyelaraskan supply and demand operasional penerbangan yang saat ini terdampak signifikan terimbas pandemi corona.

Kebijakan tersebut, ujar Irfan, telah melewati pertimbangan yang matang dengan tetap memperhatikan hak-hak dari pegawai yang kontraknya diselesaikan lebih awal. "Ini keputusan berat yang harus kami ambil," ucapnya.

Irfan menjelaskan, Garuda Indonesia tidak akan memperpanjang kontrak kerja dengan pilot dalam status hubungan kerja waktu tertentu. "Melalui penyelesaian kontrak tersebut, Garuda Indonesia tetap memenuhi kewajibannya atas hak-hak penerbang sesuai masa kontrak yang berlaku," kata dia melalui keterangan tertulis, Senin 1 Juni 2020.

Irfan menegaskan, maskapai pelat merah tersebut tetap membayarkan dan memenuhi seluruh kewajibannya sesuai waktu kontrak yang disepakati. Langkah ini, kata dia, diambil lantaran jumlah penumpang penerbangan selama masa pandemi Covid-19 anjlok.

"Kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah berkelanjutan yang perlu ditempuh dalam upaya menyelaraskan supply and demand operasional penerbangan yang saat ini terdampak signifikan imbas pandemi Covid-19," ungkapnya. (ary)


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30