Menteri Agama Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Nasional  SENIN, 01 JUNI 2020 | 15:00 WIB

Menteri Agama Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

foto/net

Moeslimchoice. Menteri Agama, Fachrul Razi, Senin (1/6) pagi tadi mengikuti upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila secara virtual. Tampak turut bergabung dalam upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo tersebut, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pimpinan lembaga tinggi negara. 

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 ini mengusung tema "Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong menuju Indonesia Maju". 

"Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19, yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," kata Presiden Jokowi, dari Istana Bogor,seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (1/6). 

Menurut Presiden, dalam menghadapi berbagai ujian tersebut, Pancasila dapat menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan. 

Pancasila juga menggerakkan rasa kepedulian bangsa untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus memperkokokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong royong, serta selalu optimis bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang. 

"Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju. Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki, harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan, agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri, yang berdiri di atas kaki sendiri," pesan Presiden. [mt]


Komentar Pembaca