Trump Bikin AS-China Tambah Tegang | Keluar dari WHO dan Cabut Fasilitas Dagang

Internasional  SABTU, 30 MEI 2020 | 05:05 WIB | Warni Arwindi

Trump Bikin AS-China Tambah Tegang | Keluar dari WHO dan Cabut Fasilitas Dagang

MoeslimChoice | Presiden Ameriksa Serikat Donald Trump mengatakan negaranya akan mencabut fasilitas perdagangan khusus untuk Hongkong dan menerapkan sanksi bagi pejabat pemerintah dari wilayah itu serta daratan Tiongkok. Manuver Trump ini merupakan reaksi atas langkah Tiongkok mengupayakan pemberlakuan undang-undang keamanan baru di bekas koloni Inggris itu.

Selain itu, kata Presiden Trump, AS akan menarik diri dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump selama beberapa bulan terakhir menyalahkan Cina dan WHO atas penyebaran wabah penyakit virus corona (Covid-19) secara global.

Pernyataan Trump pada Jumat siang 29/5/20 waktu AS itu merupakan bagian dari serangkaian kebijakan yang menyasar Tiongkok. Antara lain melarang beberapa warga negara Tiongkok memasuki AS dengan alasan demi meningkatkan keamanan nasional dan melindungi penelitian ilmiah Amerika.

Trump menambahkan akan memerintahkan pula timnya untuk memeriksa praktik perusahaan Tiongkok yang terdaftar di bursa AS "dengan tujuan melindungi investor Amerika (dan) perusahaan investasi."

“Minggu ini Cina secara sepihak memberlakukan kendali atas keamanan Hong Kong. Ini merupakan pelanggaran nyata terhadap kewajiban perjanjian Beijing dengan Inggris,” kata Trump tentang deklarasi bersama Sino-UK 1984 yang merintis pengembalian bekas koloni Inggris itu ke China pada 1997.

Soal AS mundur dari WHO, berarti organisasi kesehatan dunia di bawah PBB itu akan kehilangan sumber dana dari negara Paman Sam itu. Sebagai gantinya, kata Trump, AS akan mengarahkan dana "ke seluruh dunia lain dan layak kebutuhan kesehatan masyarakat global yang mendesak.

Langkah ini akan meningkatkan ketegangan dalam hubungan AS-Cina, yang memang sudah tegang dalam beberapa bulan terakhir karena Trump menyalahkan pemerintah Tiongkok terkait wabah Covid-19. Sedangkan soal fasilitas perdagangan dan sanksi terhadap pejabat Tiongkok, beberapa hari sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan AS tidak lagi memandang Hongkong sebagai negara otonom dari Tiongok.

Penghapusan fasilitas perdagangan akan menyebabkan Hongkong dikenai tarif yang saat ini berlaku untuk Tiongkok daratan. (wrn)


Komentar Pembaca