Judul Sudah Diganti, Webinar Pemakzulan Presiden Akhirnya Batal

Polhukam  SABTU, 30 MEI 2020 | 03:05 WIB | Warni Arwindi

Judul Sudah Diganti, Webinar Pemakzulan Presiden Akhirnya Batal

MoeslimChoice | Webinar, seminar melalui jaringan (web) internet, yang membahas pemakzulan presiden akhirnya batal. Panitia webinar, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Constitutional Law Society (CLS), menangguhkan webinar bertopik "Persoalan Pemakzulan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan"  yang semula dijadwalkan berlangsung Jumat petang, 29/5/20.

Presiden Constitutional Law Society (CLS) Aditya Halimawan menyatakan pembatalan seminar merupakan kesepakatan panitia dan pembicara. "Alasan pembatalan seminar karena kondisi yang tidak kondusif," kata Aditya.

Kondisi tidak kondusif itu, lanjutnya, antara lain adalah peretasan aplikasi WhatsApp milik Fisco, narahubung acara seminar, oleh orang tidak dikenal. "Akun Fisco seolah-olah menulis di grup yang kami buat, bahwa acara tidak jadi diselenggarakan pada hari ini," kata Aditya.

Aditya mengatakan pihaknya memikirkan faktor keamanan mahasiswa yang membuat acara tersebut. Dan ia belum tahu apakah akan menggelar seminar itu pada hari yang lain.

"Akun WhatsApp dan Instagram pribadi saya juga menjadi korban peretasan. Akun Instagram CLS juga diretas. Kami mengutamakan keselamatan," kata Aditya.

Sebelumnya, judul webinar itu adalah Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi... Penggantian judul dilakukan setelah ada penilaian webinar itu gerakan makar. Namun, akhirnya webinar itu ditangguhkan hingga batas yang tidak ditentukan. (wrn)


Komentar Pembaca