Kabaharkam ke Jatim Inspeksi Kampung Tangguh Semeru Hadapi Covid-19

Daerah  SABTU, 30 MEI 2020 | 01:05 WIB | Warni Arwindi

Kabaharkam ke Jatim Inspeksi Kampung Tangguh Semeru Hadapi Covid-19

Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan Kapolda Jatim M Fadil Imran | Foto Ist.

MoeslimChoice | Kepala Badan Pemeliharan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto berkunjung ke Jawa Timur. Kunjungan itu dalam rangka supervisi (pengawasan) dan asistensi (bantuan) operasi Aman Nusa II 2020 Polda Jatim. Rangkaian kegiatan kunjungan itu antara lain inspeksi Kampung Tangguh Semeru sebagai contoh model memutus mata rantai Covid-19 melalui pelaksanaan tatanan normal baru (new normal).

Dalam kunjungan tersebut tampak menyambut kedatangan Kabaharkam antara lain Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran dan Wakapolda, Irwasda serta Pejabat Utama Polda Jatim. Sedangkan dalam rombongan Kabaharkam tampak antara lain Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Risyapudin Nursin, Kapusdokkes Polri Brigjen Pol Dr dr Rusdiyanto, dan Komandan Pasukan (Danpas) Pelopor Korps Brimob Polri Brigjen Pol Verdianto Bitticaca.

Selanjutnya Karo Ops Polda Jatim menyampaikan presentasi Pelaksanaan Operasi Aman Nusa II 2020 di Polda Jatim sesuai dengan rencana Konsep Operasi dalam rangka pencegahan dan Percepatan penanganan Covid19. Kabaharkam juga mendapatkan gambaran Inplementasi Kampung Tangguh Semeru dari Kapolda Fadil Imran melalui paparan Implementasi Kampung Tangguh Semeru berbasis Problem Oriented Policing dan pemutaran video Kampung tangguh Semeru.

Sedangkan Komjen Agus mengemukakan maksud kunjungannya antara lain ingin mengidentifikasi kesulitan atau kendala Polda Jatim dalam menghadapi pandemi COVID-19, aktivitas Gugus Tugas dan Operasi Aman Nusa II 2020. “Sejauh ini apa yang sudah dilakukan oleh Polda Jatim seperti yang sudah dipresentasikan, kami mengapresiasi kesiapan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan di sini,” kata Kabaharkam di Mapolda Jatim, Jumat, 29/5/20.

Dia menyatakan, Polda Jatim menyampaiikan informasi tentang pencegahan dan percepatan penanganan COVID-19 dan mengatasi dampak sosialnya. “Kami juga mengapresiasi implementasi Kampung Tangguh Semeru yang menjadi role model ke seluruh Indonesia sampai dengan tingkat RT dan RW untuk meningkatkan kemandirian dan pendisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan pada masa new normal,” kata Komjen Agus.

Kabaharkam juga mengingatkan Polda Jatim terkait SOP (standard operating prosedur) atau prsedur tetap (protap) petugas Polri saat menjalankan tugas menggunakan APD. “Penerapan standard pelaksanaan tugas masa pandemi Covid-19 agar dapat optimal melaksanakan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat,” ucapnya.

Setelah melakukan supervisi dan asistensi Kabaharkam selanjutnya menuju peninjauan Kampung Tangguh Semeru di wilayah Jawa Timur, tepatnya di wilayah Polres Kabupaten Malang. (wrn)


Komentar Pembaca