Kasus Covid-19 Tinggi, Jika Tak Ditangani dengan Baik Surabaya Bisa jadi Seperti Wuhan

Kesehatan  JUMAT, 29 MEI 2020 | 11:05 WIB

Kasus Covid-19 Tinggi, Jika Tak Ditangani dengan Baik Surabaya Bisa jadi Seperti Wuhan

Achmad Yurianto/net

Moeslimchoice | Pernyataan Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi membuat geger publik. Ini lantaran Joni menyebut sebaran virus corona baru atau Covid-19 di Surabaya berpotensi seperti di Wuhan, China.

Jurubicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto enggan menanggapi kekhawatiran Joni itu lebih lanjut. Dia hanya menegaskan substansi yang ingin disampaikan oleh Gugus Tugas Jatim.

“Substansinya kekhawatiran Joni (Gugus Tugas Jatim) jika surabaya tidak ditangani akan bisa parah seperti Wuhan,” katanya seperti dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL,  Jumat (29/5).

Adapun kekhawatiran Joni itu disampaikan mengingat separuh lebih kasus Covid-19 di Jawa Timur ada di Surabaya. Di Jatim sebaran corona ada 4.112 kasus pada Rabu (27/5). Dari angka itu, Kota Surabaya menyumbang 2.216 kasus.

Sementara Sidoarjo dan Gresik menjadi terbesar kedua dengan masing-masing 565 kasus dan 153 kasus.

Joni juga mengurai transmission rate penyebaran Covid-19 di Surabaya mencapai 1,6. Artinya, jika ada 10 orang positif Covid-19, dalam sepekan akan bertambah menjadi 16 orang.

Atas alasan itu, dia mendesak warga Surabaya untuk mematuhi protokol kesehatan demi menghambat penyebaran virus Covid-19.[fah]


Komentar Pembaca