Masjid Raya Jakarta Jadi Tempat Isolasi Pemudik Nekat

Nasional  RABU, 27 MEI 2020 | 06:05 WIB | Warni Arwindi

Masjid Raya Jakarta Jadi Tempat Isolasi Pemudik Nekat

MoeslimChoice | Warga yang terjaring penyekatan arus balik mudik ke Jakarta, silakan masuk isolasi 14 hari. Tempatnya? Antara lain di Masjid KH Hasyim Asy'ari  atau Masjid Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Memang, Pemerintah Kota Jakarta Barat memfungsikan masjid itu untuk isolasi pemudik di wilayahnya yang kembali ke Ibu Kota.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Warthini menyatakan isolasi di Masjid Raya itu merupakan langkah serius Jakarta Barat dalam pencegahan COVID-19 di saat pergerakan warga  meningkat seperti pasca Idul Fitri ini. Yang nekat mudik dan kembali itu, kata dia, harus dipastikan menjalani isolasi untuk mengetahui paparan Covid-19.

"Kan enggak boleh mudik, tapi mereka tetap mudik. Ya sudah, kita taruh mereka di situ, isolasi dulu 14 hari," kata Kristy, Selasa, 26/5/20.  Menurut dia, isolasi di Masjid Raya Jakarta itu khusus bagi pemudik yang berdomisili di Jakarta Barat saja.

Kapasitas masjid itu diperkirakan dapat menampung 100 pemudik. Sedangkan para pemudik yang ditampung masuk ke masjid merupakan hasil penyekatan wilayah antara Dinas Perhubungan dan penegak hukum lainnya seperti Satuan Polisi Pamong Praja, dan anggota Polri-TNI.

Kristy menegaskan, Masjid Raya Jakarta ini hanya menyediakan akomodasi isolasi pemudik. Sedangkan konsumsinya mandiri alias bayar sendiri-sendiri.

Hati-hati ah, keluar-masuk beli makanan juga berisiko terinfeksi Covid-19. Melanggar PSBB lagi. (wrn)


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30