Presiden Jokowi Bicara New Normal dengan R-0 | Netizen Ramai #IndonesiaAbnormal

Ekonomi  RABU, 27 MEI 2020 | 03:05 WIB | Warni Arwindi

Presiden Jokowi Bicara New Normal dengan R-0 | Netizen Ramai #IndonesiaAbnormal

MoeslimChoice |  Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Mal Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 26/5/20, mengundang kontroversi. Toh Presiden menyebutkan Kota Bekasi sudah menunjukkan angka penularan yang sudah di bawah 1 atau R0 lebih keci dari satu, artinya jumlah penularan baru lebih rendah dari jumlah penularan sebelumnya setelah periode tertentu sehingga sudah dapat bersiap menuju tatanan baru (new normal).

Toh para pegiat di media sosial terutama di twitter justru melambungkan tagar #IndonesiaAbnormal.  Tentu saja tagar ini ada yang mengaitkannya dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Mal Summarecon itu.

Namun, Jokowi mengaku ingin memastikan mengenai penerapan normal yang baru atau new normal di kawasan itu. "Pada siang hari ini saya datang ke Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, untuk memastikan pelaksanaan kesiapan kita dalam menuju ke sebuah tatanan baru, ke sebuah normal yang baru," ujar Jokowi dalam kunjungan itu.

Selanjutnya Jokowi meminta jajaran TNI dan Polri berada di lapangan langsung. TNI dan Polri diminta Jokowi mendisiplinkan publik untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. "Kita ingin TNI Polri ada di setiap keramaian-keramaian untuk lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan yang telah kita sepakati lewat PSBB," kata Jokowi.

Meski demikian, pemerintah terus akan memantau perkembangan mengenai virus Corona. Termasuk angka-angka dan kurva-kurva, di antaranya soal R0 atau angka reproduksi dasar virus Corona.

Tetapi dalam menuju tatanan baru itu, kata Jokowi, kita juga melihat angkat-angka, fakta-fakta di lapangan. "Bagaimana R0-nya seperti di Bekasi ini sudah di bawah 1, sudah bagus," tandasnya.

Bagaimana denga R0 daerah lain? Ayo kejar R0 < 1.  Masa mau abnormal? (wrn)


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30