Kata Gubernur Anies, Mal Buka 5 Juni Itu Fiksi

Daerah  RABU, 27 MEI 2020 | 00:05 WIB | Warni Arwindi

Kata Gubernur Anies, Mal Buka 5 Juni Itu Fiksi

Mal Siam Paragon di Bangkok memang buka | Foto: AP

MoeslimChoice | Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut info bahwa mal di Jakarta yang akan buka segera setelah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar di Ibu Kota adalah fiksi. Ia menegaskan Pemerintah Provinsi DKI belum memutuskan membuka mal saat PSBB tahap ketiga berakhir pada 5 Juni 2020 mendatang.

"Kalau ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, mal buka tanggal 7, itu imajinasi. Itu fiksi karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies saat meninjau pos pembatasan mobilitas orang ke Jakarta di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Selasa, 26/5/20.

Malah Anies bilang belum memutuskan PSBB fase ketiga ini merupakan yang terakhir atau berlanjut. Menurut dia, keputusan itu masih menunggu data penelitian dari pakar epidemiologi terkait perkembangan virus corona atau Covid-19 di wilayah Ibu Kota.

"Saya selalu mengatakan PSBB ini bisa menjadi PSBB penghabisan, tetapi bisa juga diperpanjang, tergantung pantauan atas aktivitas masyarakat saat ini," ujarnya.

Sebelumnya memang beredar info mal-mal di Jakarta akan dibuka pada awal Juni 2020. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat antara lain pernah mengungkapkan 64 mal yang mau buka lagi. Pembukaan mal ini menunggu berakhirnya PSBB fase 3 berakhir pada 4 Juni 2020. (wrn)


Komentar Pembaca