Lebaran, Petugas Tetap Laksanakan Pemakaman Pasien Covid-19

Nasional  SENIN, 25 MEI 2020 | 11:30 WIB | RMOL

Lebaran, Petugas Tetap Laksanakan Pemakaman Pasien Covid-19

Foto/net

Moeslimchoice | Petugas Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur tetap melaksanakan tugasnya di Hari Raya Idul Fitri. Pemakaman jenazah dengan prosedur tetap atau protokol Covid-19 ini berlangsung di hari pertama Lebaran, Minggu (24/5/2020).

Salah satu petugas, Endang, menjelaskan hingga pukul 12.00 WIB, petugas sudah memakamkan dua jenazah dengan protokol Covid-19 di hari pertama Lebaran ini. Mobil ambulans jenazah dari Dinas Pemakaman DKI Jakarta mengantarkan peti jenazah.

Petugas makam berpakaian alat pelindung diri (APD) pun langsung mengambil peti jenazah dari ambulans. Petugas melakukan proses pemakaman pada blok makam pasien Covid-19 selama kurang lebih 15 menit.

Setelah selesai, keluarga diperbolehkan mendekati lokasi liang lahat.

Untuk makam pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur dibatasi dengan garis polisi.

Endang menjelaskan di bulan Mei ini, jumlah pemakaman sedikit menurun. Biasanya, TPU Tegal Alur rata-rata memakamkan 15 jenazah dengan protokol Covid-19 dalam sehari.

Namun Endang menyebut jumlah pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 sedikit menurun pada Mei.

"Sekarang memang sudah menurun, tapi kita tetap siaga dan tidak ada libur. Semoga saja ini cepat berakhir," ujar Endang, seperti dikutip dari Antara.

Di hari pertama Lebaran, masyarakat banyak yang berziarah ke TPU Tegal Alur ini walau pemerintah masih memberlakukan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Protokol kesehatan Covid-19 diberlakukan di kawasan TPU Tegal Alur. Para peziarah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Sebelum masuk dan keluar TPU Tegal Alur, terutama di blok makam pasien Covid-19, petugas melakukan disinfeksi kepada para peziarah. [ary]


Komentar Pembaca