Ridwan Kamil: Pertama Kali dalam Sejarah Kita Open House Secara Digital

Nasional  SENIN, 25 MEI 2020 | 09:30 WIB | RMOL

Ridwan Kamil: Pertama Kali dalam Sejarah Kita Open House Secara Digital

Foto/net

Moeslimchoice | Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa negara meniadakan shalat Ied di masjid dan menggantinya di rumah masing-masing.

Bahkan, ini adalah kali pertama tradisi salam salaman dilakukan melalui digital atau virtual.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) beserta istri, Atalia Praratya, melaksanakan silaturahmi bersama kepala Desa dan warga Jabar secara digital.

Emil mengimbau warga Jabar untuk tidak bersalaman saat silaturahmi karena silaturahmi bisa dilakukan dengan berbagai cara tanpa menghilangkan esensinya.

"Ini pertama kalinya dalam sejarah kita open house secara digital. Ini pertama kali halal bi halal bentuknya vicon, tapi yang penting pesan sampai ke hati dan pikiran, meski secara fisik nggak bisa bertemu," ujarnya dalam siaran televisi CNN, setelah saat teleconference, Minggu (24/5/2020).

"Kita tidak bisa bersalam-salaman secara fisik karena sedang situasi urgent, oleh karena itu manusia bisa menyesuaikan tanpa menghilangkan esensi dari Ramadan dan Idulfitri," lanjut dia.

Ia menilai, di balik wabah virus corona ada hikmah yang bisa dipetik. Masyarakat bisa tetap melakukan silaturahmi jarak jauh dan jadi memahami teknologi.

“Masyarakat jadi semakin mengenal teknologi yang selama ini mungkin tidak terpikirkan untuk digunakan,” katanya.

Silaturahmi secara virtual juga lebih menghemat biaya.

“Mudiknya ditahan dulu, sampai keadaan normal kembali. Saya imbau warga Jabar bisa mematuhi anjuran pemerintah agar bisa menang melawan Covid-19 ini. Tentunya kita nggak boleh menyerah, kita cari cara baru agar kehidupan kita normal lagi," ujar Emil.

Ia berharap, warga Jabar lebih berpikir positif dalam menjalankan kehidupannya dan membantu agar penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir dengan cara menghindari kerumuman.

"Jadi Covid ini mengancam populasi, semakin tinggi populasi, ancaman makin besar. Di mana ada kerumunan di situ ada Covid. Mari sama-sama jauhi dan hindari kerumunan, jangan menciptakan, kerumunan," tegasnya.

Emil pun menyampaikan ucapan selamat hari raya untuk warga Jabar. "Saya atas nama Pemprov Jabar dan pribadi menghaturkan selamat meraih kemenangan bagi seluruh warga Jabar, Indonesia, dan seluruh Muslim di dunia," ucap Emil. [ary]


Komentar Pembaca