Dirjen Rehsos Launching Bansos untuk Penghuni Balai Rehabilitasi Sosial Seluruh Indonesia

Sosial  JUMAT, 22 MEI 2020 | 21:18 WIB | Ida Iryani

Dirjen Rehsos Launching Bansos untuk Penghuni Balai Rehabilitasi Sosial Seluruh Indonesia

Launching penyaluran Bansos untuk Balai Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial/ida

Moeslimchoice | Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial melaunching penyaluran bantuan sosial (Bansos) bagi penghuni 42 Balai Rehabilitas Sosial yang berada di bawah naungan Kemensos di seluruh Indonesia. Kegiatan launching dilakukan di Balai Watunas Jaya, Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (22/5/20).

“Alhamdulilah hari ini kita melaunching  penyaluran bansos bagi penghuni Balai Rehabilitas Sosial yang berada di bawah naungan Kementrian Sosial Republik Indonesia. Ada sebanyak 42 balai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat di Balai Rehabilitas sSosial Watunas Mulia Jaya, Jakarta Timur.

Di kesempatan kali ini Harry menyampaikan bahwasannya penghuni Balai Watunas Mulia Jaya ini adalah kaum wanita terdampak Covid 19 yang sebagian dari mereka di temukan di jalan protokol oleh satpol PP.

"Penghuni bali ini adalah korban pandemi Covid 19 ,sebagian dari mereka korban PHP,mereka bukan saja kehilangan pekerjaan tapi mereka juga kehilangan tempat tinggal ,sebagian dari mereka tadi nya menempati tempat penampungan sementara seperti GOR yang berada di wilayah DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Balai Watunas Mulya Jaya, Juena Sitepu mengungkapkan, Balai yang ia pimpin saat ini  menampung para wanita korban dari penjualan orang, kekerasaan fisik, dan ada juga mereka dari orang yang hidup di jalan.

Selain itu ada korban PHK yang belum tercover program sembako reguler PKH (Program Keluarga Harapan) serta menampung masyarakat yang terpapar teroris yang merupakan titipan dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris).

“Kesulitan kami saat mengahadapi  pemulung yang dimana mereka susah untuk tinggal menetap di sini, sedangkan sekarang ini kita menghadapi pandemi Covid -19 yang menuntut masyarakat agar tidak berkeliaran,” katanya.

“Kami di sini selain menampung mereka kami juga memberikan beberapa pelatihan seperti tata rias kecantikan, memasak dan sebagainya. Bagi para penghuni balai yang mempunyai skill dan semangat kita beri bantuan modal tapi tetap dengan pengawasan, sehingga apabila mereka keluar dari Balai mereka dapat hidup layak dan mandiri,"pungkas Juena Sitepu.[fah]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55