KPK Tangkap Kabag Kepegawaian UNJ | Mau Kasih THR ke Pejabat Kemendikbud

Hukum  JUMAT, 22 MEI 2020 | 06:55 WIB | Warni Arwindi

KPK Tangkap Kabag Kepegawaian UNJ | Mau Kasih THR ke Pejabat Kemendikbud

MoeslimChoice | Komisi Pemberantasan Koorupsi (KPK) berhasil menindak upaya pemberian uang kepada penyelenggara negara berupa dana tunjangan hari raya (THR) yang sebelumnya sudah terpantau melibatkan pejabat sebuah Kementerian. Dalam sebuah operasi tangkap tangan, KPK menahan Kepala Bagian Kepegawaian Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dwi Achmad Noor, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam OTT kali ini KPK bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Deputi Penindakan KPK, Karyoto mengatakan, awalnya penyidik mendapat informasi dari Itjen Kemendikbud tentang adanya praktik gratifikasi oleh Rektor UNJ kepada pejabat di Kemendikbud.

Rektor UNJ Komarudin, kata Karyoti, diduga meminta sejumlah uang kepada seluruh dekan fakultas dan lembaga di UNJ untuk THR Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud dan beberapa staf-nya. Masing-masing fakultas dan lembaga di UNJ diminta menyerahkan uang sebesar Rp5 juta melalui Dwi.

“Pihak Itjen Kemendikbud menginformasikan kepada KPK perihal dugaan akan adanya penyerahan sejumlah uang itu,” ungkap Karyoto kepada wartawan, Kamis, 21/5/20.

Dari informasi dari Itjen itu, penyidik KPK langsung menggelar OTT dan menangkap sejumlah orang. Penyidik juga mengamankan sejumlah uang dari praktik gratifikasi ini. “KPK sudah mengamankan Dwi Achmad Noor beserta barang bukti berupa uang sebesar USD 1.200 dan Rp 27.500.000,” kata Karyoto.

Sudah, tak perlu bicara Idul Fitri dululah. Apa di instansi lain yang begini masih ada? (wrn)

 


Komentar Pembaca