H-3 Idul Fitri Jalan Tol Trans Jawa Batang-Semarang Sepi

Daerah  KAMIS, 21 MEI 2020 | 15:25 WIB | Warni Arwindi

H-3 Idul Fitri Jalan Tol Trans Jawa Batang-Semarang Sepi

MoeslimChoice | H-3 menjelang Idul Fitr 1441 Hijriyah, Jalan Tol Trans Jawa ruas Batang-Semarang tampak lengang pada Kamis pagi, 21/5/20. Ini tanda-tanda larangan mudik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar masih efektif

Larangan mudik lebaran dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah tampak berimbas kepada volume kendaraan yang masuk melalui tol Kalikangkung km 414 tersebut. "Situasi H-3 lebaran ini begitu lengang tidak ada kemacetan," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna yang melintas langsung dalam peninjauan lapangan Polda Jateng dan Jasa Marga.

Penurunan kendaran yang melintas juga sebagai menjadi dampak dari adanya upaya penyekatan yang dilakukan aparat gabungan di 10 titik perbatasan. "Sampai dengan saat ini ada 4657 kendaraan yang kita putarbalikkan, ini khusus kendaraan pemudik,  kalau kendaraan barang logistik,  sembako ini tetap bisa jalan lancar," ungkaprnya.

Terpisah, Direktur Jasa Marga Tol Batang-Semarang, Arie Irianto menyebutkan, di tengah wabah kali ini terdapat penurunan lebih dari separo jumlah kendaraan yang melintas dari kondisi biasanya.  "Volume turun 56 persen dibandingkan lalin normal terakhir di bulan februari 2020," ungkapnya.

Meski lenggang dan adanya larangan mudik, kata dia, Jasa Marga tetap menjaga standard pelayanan. Standard Pelayanan Minimal (SPM) tetap diperhatikan serta  berkoordinasi dengan petugas gabungan TNI, Polri dan dinas kesehatan yang menerapkan pos check point juga digencarkan.

Selain menginspeksi tol Kangkung, Polda Jateng juga akan meninjau titik perbatasan di Pejagan. Tapi jelas, tak akan ada kemacetan di intu keluar Brebes alias Brexit. (wrn)


Komentar Pembaca