Habib Bahar Bin Smith Kembali Ditahan

Berita  SELASA, 19 MEI 2020 | 06:34 WIB

Habib Bahar Bin Smith Kembali Ditahan

Habib Bahar bin Smith bersama para pendukungknya/ist

Moeslimchoice | Ulama Habib Bahar bin Smith kembali diamankan aparat kepolisian, Selasa dini hari (19/5). Penangkapan itu diduga karena Bahar mengundang massa saat berceramah dan tidak mematuhi physical distancing di hari saat dia bebas pada Sabtu (16/5).

Informasi tersebut disampaikan akun Twitter DPP Lembaga Informasi Front yang memperlihatkan video proses penangkapan ulama berambut gondrong oleh aparat.

"Breaking news. Jam 02.00 malam ini Habib Bahar bin Smith kembali ditangkap," tulis akun Twitter DPP Lembaga Informasi Front, Selasa (19/5).

Sedikitnya, ada dua video yang diunggah akun tersebut. Salah satunya merekam perbincangan Habib Bahar bersama dengan aparat keamanan yang hendak mengamankannya.

Dalam perbincangan tersebut, Habib Bahar terdengar mencoba mengajak aparat keamanan untuk berbicara sebelum mengamankannya.

"Saya sudah bilang, saya mau menyerahkan diri, saya ikut ke lapas. Saya enggak bakal kabur, enggak bakal lari. Ini pengacara saya (sambil menunjuk seseorang). Pak Kasat ikut saya ke dalam, ngeroko sebatang dengan saya di dalam," ujar Habib Bahar bin Smith di dalam video tersebut.

Di video lainnya, tampak beberapa aparat kepolisian berjaga lengkap mengenakan atribut pelindung diri, mulai dari helm hingga tameng.

Kabar penangkapan Bahar dibenarkan oleh Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif. Dia mengatakan Bahar ditangkap sekitar pukul 03.30 WIB, Selasa (19/2).

"Ya saya barusan jam 03.30 dapat kabar dari santrinya," kata Slamet kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/5).

Imam Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Habib Muchsin Alatas sempat mengunggah status berisi pesan singkat dari Bahar ihwal penangkapannya. Bahar mengaku menulis pesan itu saat dalam perjalanan menuju lapas.

Dalam pesan singkat, Bahar mengaku dijemput pada pukul 02.00 WIB untuk kembali masuk tahanan. Dia tidak dibawa ke Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, tempat sebelumnya ia menjalani masa hukuman, melainkan ke Lapas Gunung Sindur.

"Karena ceramah saya waktu malam saya bebas," kata Bahar lewat pesan singkat yang diunggah Habib Muchsin Alatas.

Sementara itu, Kadivpas Kemenkumham Jabar, Abdul Aris, membenarkan kabar ditahannya kembali Habib Barhar Bin Smith. Ia mengatakan Habib Bahar ditahan kembali di Lapas Gunung Sindur.

"Ya yang bersangkutan dikembalikan ke Lapas Gunung Sindur setelah program asimilasinya dicabut karena melanggar ketentuan asimilasi," kata Abdul kepada kumparan, Selasa (19/5).

Sebagaimana diketahu, Habib Bahar bin Smit merupakan mantan terpidana kasus kekerasan terhadap anak. Ia dinyatakan bebas dari Lapas Pondok Rajeg pada Sabtu lalu (16/5) usai mendapat asimilasi. [fah]


Komentar Pembaca