Pesan Quraish Shihab: Tetap Bersyukur, Introspeksi, Marilah Kita Berdoa Kepada Allah SWT

Islamtainment  KAMIS, 14 MEI 2020 | 20:55 WIB | RMOL

Pesan Quraish Shihab: Tetap Bersyukur, Introspeksi, Marilah Kita Berdoa Kepada Allah SWT

Profesor Quraish Shihab/Net

MoeslimChoice | Keadaan sulit membelenggu umat manusia di seantero jagat raya akibat virus Corona baru (Covid-19). Umat Islam secara khusus mesti terus meningkatkan kualitas keimanannya dengan cara bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT.

Perintah untuk bersyukur di tengah kondisi apapun ini sebagaimana termaktub dalam Surat An-nisa Ayat 147. Allah SWT dengan sifat pengasih penyayangnya memerintahkan umat manusia mesti terus bersyukur.  

Demikian disampaikan Profesor Quraish Shihab saat memberikan tausiyah dalam acara doa bersama Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) dengan para Ulama Mesir, secara daring pada Kamis, 14/5/20.

"Allah kenapa menyiksa kamu, kalau kamu itu bersyukur dan percaya? Tuhan maha bersyukur lagi maha murah," kata Quraish Shihab membacakan makna dalam ayat tersebut.

Atas dasar itulah, mufasir kenamaan Indonesia ini mengajak semua pihak wabilkhusus umat Islam untuk senantiasa terus meningkatkan rasa bersyukur. Sekaligus berintrospeksi diri atas musibah yang terjadi di muka bumi ini.

"Maka hendaklah ia introspeksi, barangkali kadar bersyukurnya berkurang," ucapnya.

Selain itu, lanjut Quraish Shihab, berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT mesti tiada henti apalagi ditengah pandemik Covid-19 seperti sekarang ini. Hanya lewat doa Allah SWT akan mengijabah doa-doa dari hambaNya.

"Tuhan dekat, apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu (Muhammad) akan ku perkenankan lewat doa. Berdoalah dan angkat kedua tanganmu," tuturnya.

"Marilah kita kepada Allah SWT bermohon dan berdoa. Kiranya apa yang terjadi segera diangkat oleh Allah, sekiranya apa yang terjadi ini menjadi pelajaran buat kita semua untuk kembali kepadaNya, untuk memperbaiki diri, bersyukur dan terus menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa dan sebagai umat manusia," demikian Quraish Shihab. (wrn)


Komentar Pembaca