Heboh Daging Babi Dijual Sebagai Daging Sapi, Begini Cara Membedakannya

Daerah  RABU, 13 MEI 2020 | 10:45 WIB | RMOL Group

Heboh Daging Babi Dijual Sebagai Daging Sapi, Begini Cara Membedakannya

Moeslimchoice | Terungkapnya peredaran daging celeng di pasaran di wilayah tetangga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membuat masyarakat resah.

Bukan tanpa alasan, daging merupakan salah satu bahan makanan faforit masyarakat. Terlebih, tidak lama lagi memasuki hari raya Idhul Fitri.

Sebagai daerah terdekat, Kota Bandung pun bergerak cepat. Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung langsung menyisir pasar untuk memastikan daging serupa tidak beredar.

Dilansir dari Kantor Berita RMOLJabar, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin gin Ginanjar tetap mengimbau agar warga lebih waspada dan teliti.

Imbauan tersebut dia keluarkan sekalipun dari penyisiran itu tidak ditemukan pedagang menjual daging celeng ataupun babi.

Gin Ginanjar juga meminta untuk mengetahui perbedaan daging sapi, babi, dan celeng. Berikut tips perbedaan daging sapi, babi dan celeng, yakni:

1. Daging Sapi Dari segi warna, daging sapi memiliki warna merah tua, dengan serat daging kasar dan rapat. Kemudian, tekstur daging sapi relatif lebih kenyal dibanding daging celeng dan babi.

Jadi kalau ditekan oleh jari, nanti daging sapi itu akan kembali lagi. Lalu, lemak daging sapi tebal dan keras dengan bau khas sapi.

2. Daging Babi Daging babi diketahui memiliki warna fisik berwarna merah pucat dengan serat daging halus dan renggang. Kemudian teksturnya lebih lunak dibanding dengan daging sapi serta lemak daging tebal dan lunak, berbau amis.

3. Daging celeng umumnya berwana merah muda, akan sangat kontras bila dibandingkan dengan daging sapi. Serat daging celeng relatif lebih kasar bertekstur lunak dengan lemak daging yang lebih tipis dan dari segi aroma daging celeng lebih amis dan anyir.[fah]


Komentar Pembaca