Kejari Pacitan Duga Ada Tipikor di PT GLI

Daerah  SELASA, 12 MEI 2020 | 05:00 WIB

Kejari Pacitan Duga Ada Tipikor di PT GLI

Mirzantio Erdinanda, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Pacitan

MoeslimChoice | Setelah tertimpa musibah maut yang membuat seorang pekerja harian lepasnya kehilangan nyawa dan seorang lagi patah tulang kaki, pemilik terowongan galian tambang tersebut, PT Gemilang Limpah Internusa (GLI), seolah terbelit karma.

Kejaksaan Negeri Pacitan, Jawa Timur, menyorot sederet permasalahan yang membungkus perusahaan tersebut.

Diketahui, perusahaan tambang itu sempat ditutup pada tahun 2012, tapi kemudian mulai beroperasi lagi sejak 2018.

Usut punya usut, ternyata ada indikasi tindak pidana korupsi (tipikor) atas penyalahgunaan izin pertambangan milik PT GLI, yang berada di Dusun Pinggir, Desa Kluwih, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Hal tersebut diutarakan Kepala Seksi Intel Kejari Pacitan, Mirzantio Erdinanda, saat ditemui di ruang kerjanya.

“Setahun yang lalu, kami sudah melakukan penyelidikan operasi intelijen, di mana di sana kami menduga adanya tindak pidana korupsi atas penyalahgunaan izin usaha pertambangan yang dimiliki oleh PT GLI,” kata Mirzantio kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Senin (11/5/2020).

Hari ini pun, Senin (11/5/2020), lanjut Mirzantio, Kepala Kejari Pacitan telah mengeluarkan surat perintah penyidikan terhadap perusahaan tersebut.

“Pada hari ini, kebetulan kami juga telah menerima Surat Perintah Penyidikan yang dikeluarkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan terhadap PT GLI, terkait penyalahgunaan izin usaha pertambangan,” imbuhnya.

Menurut pria yang akrab disapa Tio ini, dalam waktu sekitar seminggu ini pihaknya akan memanggil saksi-saksi yang berkaitan dengan pemberian izin usaha pertambangan tersebut.

“Kita akan memanggil saksi-saksi tersebut. Karena Surat Perintah Penyidikan keluar hari ini, maka kurang lebih seminggu ke depan akan ada proses pemeriksaan terhadap para saksi yang berkaitan dengan pemberian izin usaha pertambangan PT GLI,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30