Tiga Santri Al Fattah Asal Pacitan Reaktif Covid-19

Daerah  RABU, 29 APRIL 2020 | 18:00 WIB

Tiga Santri Al Fattah Asal Pacitan Reaktif Covid-19

Rachmad Dwiyanto, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan

MoeslimChoice | Usai menjalani rapid test, tiga dari 28 santri asal Pacitan di Pondok Pesantren Al Fattah, Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menunjukkan tanda-tanda reaktif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan, Rachmad Dwiyanto, menyampaikan, satu dari ketiga santri itu sudah menjalani swab test. Sementara dua santri lainnya baru akan melakukan swab test pada Kamis (30/4/2020) esok.

“Hasil rapid test dari cluster Pondok Pesantren Al Fattah, Temboro, menunjukkan non-reaktif, kecuali pada tiga orang santri. Dari ketiga santri yang reaktif itu, satu sudah diambil swab-nya. Sedangkan dua santri lainnya akan diambil swab-nya besok,” kata Rachmad Dwiyanto kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (29/4/2020).

Ia menambahkan, ketiga santri itu nantinya akan ditempatkan di Wisma Atlet Pacitan, yang sudah disiapkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten sebagai tempat karantina.

“Ya, para santri tersebut nanti akan kita tempatkan di Wisma Atlet, menjalani karantina di sana,” katanya.

Terkait kesiapan Pemkab Pacitan jika terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, mengingat kapasitas dan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) saat ini, Rachmad Dwiyanto mengatakan akan memakai ruang ICU yang belum digunakan dan Wisma Atlet.

“Ya, semoga saja tidak terjadi lonjakan. Tapi, kita juga mengantisipasi, jika terjadi lonjakan, maka kita akan memakai ruang ICU yang saat ini belum digunakan, dan Wisma Atlet,” ungkap Rachmad. [yhr]


Komentar Pembaca