Alami Kendala Teknis

Pengiriman Rapid Test Reagensia ke Sumut Molor dari Jadwal

Daerah  RABU, 29 APRIL 2020 | 16:35 WIB | RMOL Group

Pengiriman Rapid Test Reagensia ke Sumut Molor dari Jadwal

Foto/net

Moeslimchoice | Pengiriman rapid test reagensia yang dijadwalkan akan dilakukan Selasa kemarin (28/4/2020) dipastikan tertunda. Hal ini disampaikan Jurubicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Sumatera Utara, Dr Whiko Irwan.

“Satu koli rapid test reagensia tidak jadi diangkut, karena masih di Balitbang Kemenkes, pengiriman ditunda,” katanya, Selasa (28/4/2020).

Whiko menjelaskan, sesuai dengan rencana, alat yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19 tersebut sedianya diangkut ke Sumatera Utara menggunakan pesawat TNI AU CN 295.

“Ada kendala teknis, belum bisa di bawa hari ini (Selasa, red). Akan segera dikirim,” ujarnya. Diketahui, Reagensia menjadi salah satu bahan penting untuk pengujian Covid-19 di laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang kini ada di RS USU.

Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu mengatakan, saat ini pihak RS USU baru memiliki Reagensia dengan jumlah yang terbatas.

 “Saat ini alat yang bernama Reagensia itu terbatas. Sementara hari ini saja sudah masuk 40 sampel yang harus diperiksa. Untuk itu kami harapkan bantuannya kepada Pemprov Sumut untuk penambahan reagensia sebelum habis stok yang kita miliki,” ucapnya beberapa waktu lalu. [nry]


Komentar Pembaca