Bupati Pacitan Sahkan Penggunaan Dana Desa Cegah Covid-19

Daerah  SENIN, 27 APRIL 2020 | 16:55 WIB

Bupati Pacitan Sahkan Penggunaan Dana Desa Cegah Covid-19

Bupati Pacitan, Indartato

MoeslimChoice | Rasa takut pemerintahan desa di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) demi pencegahan wabah Covid-19 di wilayahnya, kini mencair setelah Bupati Indartato menandatangani Perbup terkait hal itu.

Sebelumnya, semua pemerintahan desa di Pacitan ragu-ragu, bahkan takut, menganggarkan Dana Desa untuk kepentingan pencegahan Covid-19 bila tidak dilengkapi dengan regulasi formal berupa Peraturan Bupati (Perbup).

Hari ini, Senin (27/4/2020), apa yang ditunggu-tunggu para Kepala Desa dan masyarakat itu akhirnya terjawab. Bupati Indartato, yang juga Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pacitan, menandatangani Perbup tentang penggunaan Dana Desa demi pencegahan virus Corona.

“Insya Allah, hari ini juga saya akan menandatangani Peraturan Bupati tentang Penggunaan Dana Desa (DD) untuk Pencegahan Covid-19 di masing-masing desa se-Kabupaten Pacitan,” katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan, bila sudah ditandatangani, Perbup itu akan diinformasikan kepada Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD), lalu disebarluaskan ke masing-masing kecamatan dan desa, agar segera ditindaklanjuti kepada masyarakat penerima sesuai data.

“Nantinya, setelah saya tanda tangani, ini akan saya informasikan ke PMD, biar ditindaklanjuti ke masing-masing kecamatan, dan camat mengabari setiap desa, lalu kepala desa menyampaikannya kepada masyarakat penerima,” terang Indartato.

Soal keterlambatan penerbitan regulasi tersebut, Indartato lagi-lagi hanya bisa meminta maaf kepada semua masyarakat Pacitan. Ia mengaku harus melakukannya dengan penuh kehati-hatian, agar tidak ada kesalahan di kemudian hari.

“Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di Pacitan, karena terlambat. Ini semata-mata demi menjaga terjadinya kesalahan di kemudian hari,” pungkas Bupati Pacitan dua periode ini. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30