Semangat Kartini, Istri Bupati Apresiasi Ibu Rumah Tangga Pacitan Pengrajin Masker

Daerah  RABU, 22 APRIL 2020 | 11:55 WIB

Semangat Kartini, Istri Bupati Apresiasi Ibu Rumah Tangga Pacitan Pengrajin Masker

Luki Tri Baskorowati, istri Bupati Pacitan

MoeslimChoice | Tahun ini, tak ada selebrasi Hari Kartini di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Padahal, biasanya, berbagai aktivitas kaum hawa ala Pacitan senantiasa tergelar setiap kali kalender menyentuh tanggal 21 April.

Situasi itu tak lepas dari kehadiran wabah Covid-19 yang belum juga beranjak pergi dari Bumi Nusantara, termasuk Pacitan.

Meski tak tercurah dalam bentuk selebrasi atau perayaan, namun semangat Luki Tri Baskorowati, Istri Bupati Indartato, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan dan Penasihat Organisasi Wanita Pacitan, tetap tak berkurang dalam mengapresiasi makna di balik Hari Kartini.

Melalui kegiatan sederhana tapi sarat makna, ia mengajak semua perempuan Pacitan meneladani kiprah Kartini.

“Saat ini, yang terpenting, selalu jaga jarak. Meski begitu, ya kita tetap harus meneladani semangat Raden Ajeng Kartini dalam menghadapi setiap situasi dan kondisi,” kata Luki kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (22/4/2020).

Dalam momen tersebut, ia memberikan apresiasinya yang luar biasa kepada para perempuan muda Pacitan, juga ibu-ibu rumah tangga pengrajin masker, yang hingga saat ini masih terus berkarya.

Tak ketinggalan, apresiasi juga ia tujukan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pacitan, yang turut berpartisipasi memproduksi masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, selain dibag-bagikan, produksi masker ini juga banyak dipesan berbagai pihak, seperti pengusaha dan sebagainya. Kemarin, saat mengunjungi SMKN 1 Nawangan, ada pesanan masker dari beberapa pejabat. Begitu juga dengan SMK Donorojo, yang bahkan setiap harinya bisa memproduksi 500 masker,” kata Luki lagi.

Ia menilai, semangat ibu-ibu PKK di Pacitan sangatlah luar biasa. Menurutnya, ini bisa menjadi contoh bagi para penerus Kartini lain di seluruh penjuru Tanah Air.

Istri Bupati Pacitan dua periode ini juga berharap Covid-19 segera hengkang dari muka Bumi, sementara yang saat ini dinyatakan positif tertular bisa cepat sembuh, dan perekonomian kembali pulih.

“Harapan saya, semoga virus Corona ini segera berakhir. Yang sakit bisa cepat sembuh. Ekonomi juga pulih kembali,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30